PENGEMBANGAN E-MODUL FLIP BOOK MAKER BERBASIS PENDEKATAN SETS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

AGNESYA, DIAN TIARA (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL FLIP BOOK MAKER BERBASIS PENDEKATAN SETS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI AGNESYA DIAN TIARA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Masa pandemi Covid-19 telah banyak merubah aktivitas belajar peserta didik. Pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka dengan pendidik, kini harus dilakukan dari rumah dan secara daring. Hal ini membutuhkan sarana dan keterampilan yang mumpuni untuk dapat mengikuti dan melaksanakan pembelajaran yang baik. Kondisi ini membuat pendidik dan peserta didik segera dapat mengadaptasi diri agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik. Namun, faktanya masih banyak informasi yang diperoleh tentang keluhan-keluhan yang disampaikan peserta didik ketika mengikuti proses pembelajaran secara daring. Proses pembelajaran saat pandemi membutuhkan pembelajaran yang berbasis online contohnya adalah e-modul. Hal itu yang melatar belakangi saya melakukan pengembangan ini dengan melakukan pengembangan e-modul. Penelitian ini mengembangkan e-modul flip book maker dengan menggunakan metode pengembangan R&D (Research and Development), penelitian dan pengembangan ini merupakan langkah dalam mengembangkan produk baru atau mengembangkan produk yang sudah ada. Pengembangan modul menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu: Analysis, Design, Develop, Implement dan Evaluate. Tahap validasi desain melibatkan 6 orang subjek (dua orang ahli bahasa, 2 orang ahli materi, dan 2 orang ahli media) dilibatkan untuk menilai kelayakan materi, desain e-modul, dan kelayakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Tahap uji coba melibatkan 49 peserta didik (15 peserta didik uji coba skala terbatas dan 34 peserta didik uji coba skala luas) dan melibatkan 1 pendidik untuk melihat tanggapan pada e-modul tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kelayakan oleh ahli bahasa memperoleh persentase 93,3% dengan kategori sangat layak, ahli materi memperoleh persentase sebesar 83,61% dengan kategori sangat layak sedangkan ahli media memperoleh persentase 91,3% dengan kategori sangat layak. Pada uji coba produk terhadap tanggapan peserta didik pada skala terbatas persentase yang di peroleh 87% dengan kategori sangat layak, pada uji coba skala luas persentase yang di peroleh 92,16% dengan kategori sangat layak, kemudian pada respons pendidik persentase yang di peroleh 97,6% dengan kategori sangat layak. Kata kunci: E-modul, Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society), ADDIEviii ABSTRAK The Covid-19 pandemic has changed students' learning activities a lot. Learning, which is usually done face-to-face with educators, now has to be done from home and online. This requires adequate facilities and skills to be able to follow and carry out good learning. This condition makes educators and students immediately adapt themselves in order to carry out learning well. However, in fact, there is still a lot of information obtained about the complaints submitted by students when participating in the online learning process. The learning process during a pandemic requires online- based learning, for example, e-modules. That's what motivated me to do this development by developing e-modules. Research and development is a type of research that uses the R&D development method (Research and Development), this development research is a step in developing new products or developing existing products. Module development uses the ADDIE development model, namely: Analysis, Design, Develop, Implement and Evaluate. The design validation stage involves 6 subjects (two linguists, 2 material experts, and 2 media experts) involved to assess the appropriateness of the material, e- module design, and the appropriateness of good and correct Indonesian. The trial phase involved 49 students (15 limited-scale trial students and 34 broad-scale trial students) and involved 1 educator to see the responses to the e-module. The results showed that the feasibility value by linguists obtained a percentage of 93,3% in the very feasible category, material experts obtained a percentage of 83,61% in the very feasible category, while media experts obtained a percentage of 91,3% in the very feasible category. In product trials on students' responses on a limited scale the percentage obtained was 87% with the very feasible category, on the broad scale trial the percentage obtained was 92,16% with the very feasible category, then in the educator response the percentage was obtained 97,6% with a very decent category. Keywords: E-module, SETS approach (Science, Environment, Technology, Society), ADDIE

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Oct 2021 03:33
Last Modified: 06 Oct 2021 03:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15942

Actions (login required)

View Item View Item