TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG JASA PENITIPAN HEWAN KURBAN (Studi Pada Pedagang Hewan Kurban di Jalan Cut Nyak Dien, Palapa, Bandar Lampung)

NUR, ANISA (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG JASA PENITIPAN HEWAN KURBAN (Studi Pada Pedagang Hewan Kurban di Jalan Cut Nyak Dien, Palapa, Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL NUR ANISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Pedagang hewan kurban di Bandar Lampung menjelang hari raya Idul Adha, umumnya membuka jasa penitipan hewan kurban yang sudah terjual/laku, tetapi belum saatnya dilaksanakan kurban, pembeli hewan kurban (penitip) tak dapat mengurus hewan kurbannya dan menjaga hewan kurban agar terlihat sehat, gemuk serta segar pada saat penyembelihan kurban, maka dari itu pembeli hewan kurban (penitip) menitipkan hewan kurbannya pada pedagang hewan kurban (penerima titipan), Pembeli hewan kurban (penitip) dikenakan biaya jasa penitipan karena hewan kurbannya telah di beli dan dititipkan kembali pada pedagang hewan qurban (penerima titipan) tersebut. Adapun permasalah dalam penelitian ini adalah Apa dasar pedagang hewan kurban di jalan Cut Nyak Diem, Palapa, Bandar Lampung menetapkan upah atas jasa penitipan hewan kurban bagi pemiliknya, dan bagaimana tinjauan hukum Islam tentang Jasa Penitipan Hewan Kurban tersebut? Adapun Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dasar pedagang hewan kurban menetapkan upah atas penitipan hewan kurban pada pemiliknya di Jalan Cut Nyak Dien, Palapa, Bandar Lampung dan untuk mengetahui Tinjauan hukum Islam tentang jasa penitipan hewan kurban di jalan Cut Nyak Dien, Palapa, Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Jenis peneilitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis, dengan menggunakan dua sumber data, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang diperoleh langsung dari objek yang diteliti. Analisis data menggunakan metode deskriptif dengan pola pikir deduktif. Hasil penelitian penulis menemukan bahwa dasar penetapan besaran jasa penitipan hewan kurban oleh pedagang hewan qurban di jalan Cut Nyak Dien, Palapa, Bandar Lampung, didasarkan pada tanggung jawab penerima titipan kurban (pedagang hewan kurban) dalam mengurus hewan kurban berupa memberi pakan, dan menjaga keamanan hewan kurbam yang dititipkan, selain hal tersebut, besaran jasa penutipan juga mempertimbangkan jenis hewan yang dititipan (kambing atau sapi), dan juga jangka waktu (hari) lamanya penitipan. Dalam pandangan hukum islam, penitipan hewan kurban dengan dikenakan biaya sabagai jasa atas pengurusan, perawatan dan penjagaan atas hewan qurban yang dititipkan, maka hukumnya mubah (boleh) karena biaya penitipan yang ditetapkan didasarkan atas jasa pengurusan oleh penerima titipan (pedagang hewan kurban)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Oct 2021 04:01
Last Modified: 04 Oct 2021 04:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15924

Actions (login required)

View Item View Item