STRATEGI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN MUTU MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN DAKWAH FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI UIN RADEN INTAN LAMPUNG

SAFRUDDIN, RAIS (2021) STRATEGI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN MUTU MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN DAKWAH FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of PERPUS BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Peningkatan mutu mahasiswa memang tidak bisa dilepaskan dari pengaruh lingkungan yang memberikan tantangan terhadap kegiatan, begitupun Jurusan Manajemen Dakwah dalam melaksanakan strategi kaderisasi. Adapun tantangan yang dihadapi oleh Jurusan Manajemen Dakwah yaitu, persepsi buruk mahasiswa terhadap kaderisasi serta kesibukan mahasiswa yang berbeda-beda. Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi organisasi dalam meningkatkan mutu mahasiswa jurusan manajemen dakwa fakultas dakwah dan ilmu komunikasi?. Jenis penelitian ini tergolong kualitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah: pendekatan manajemen strategi. Adapun sumber data penelitian ini adalah ketua Jurusan Manajemen Dakwah dan Mahasiswa Manajemen Dakwah. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Lalu, teknik pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, display data, analisis perbandingan, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi organisasi dalam peningkatan mutu mahasiswa jurusa Manajemen dakwah telah meningkatkan kualitas mahasiswa, karena strategi organisasi dalam peningkatan mutu mahasiswa jurusan Manajemen Dakwah yaitu: pemberian materi yang baik, follow up materi dan pelatihan. Strategi yang digunakan adalah strategi konservatif . Lalu peluang strategi Jurusan Manajemen Dakwah yaitu peningkatan jumlah mahasiswa dan respon pimpinan yang baik, serta tantangan strategi jurusan Manajemen Dakwah yaitu: persepsi mahasiswa tentang kaderisasi yang buruk dan kesibukan mahasiswa yang berbeda. Dari hasil penelitian ini adalah: 1) Ketua Jurusan Manajemen Dakwah harus mempertahankan kualitas mahasiswa Manajemen Dakwah dan selalu mengembangkan strategi kaderisasi 2) Seluruh mahasiswa Manajemen Dakwah, agar selalu menganggap penting proses kaderisasi dalam peningkatan mutu 3) Menjaga kerja sama yang solid antara Jurusan Manajemen Dakwah dan pihak terkait jurusan Manajemen Dakwah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Oct 2021 03:22
Last Modified: 01 Oct 2021 03:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15918

Actions (login required)

View Item View Item