PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-INSTRUCTION TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 1 JATI AGUNG

DUWI, HARYANI (2021) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-INSTRUCTION TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 1 JATI AGUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-INSTRUCTION TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 1 JATI AGUNG Oleh: DUWI HARYANI Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang memiliki motivasi rendah dalam proses belajar. Motivasi rendah yang terjadi sangat tinggi yaitu dikelas VIII F SMP N 1 Jati Agung Lampung Selatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik self-intruction terhadap peningkatan motivasi belajar. Identifikasi dalam penelitian ini yaitu: Terdapat 10 peserta didik memiliki motivasi rendah, terdapat peserta didik dengan semangat belajar yang rendah, adanya pelaksanaan konseling kelompok di kelas, khususnya di kelas VIII SMP N 1 Jati Agung Lampung Selatan oleh guru BK namun belum efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Konseling Kelompok dengan Teknik Self-Instruction Terhadap Peningkatkan Motivasi Belajar peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Jati Agung Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitiannya adalah kuantitatif Pre-eksperimen dengan desain penelitian One-group Pretest-postest!Design. Sampel pada penelitian ini adalah 10 peserta didik kelas VIII SMP N 1 Jati Agung Lampung Selatan yang memiliki latar belakang motivasi rendah. Hasil yang didapat dari skor angket motivasi belajar. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dengan membandingkan hasil pre-test 619 dan hasil post�test 1.188, atau mean pre-test diperoleh sebesar 61,9 dan mean post�test diperoleh sebesar 118,8 maka dapat dinyatakan bahwa motivasi belajar mengalami peningkatan secara signifikan. Selain itu dilakukan uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon dan diperoleh harga z hitung =-2,805 kemudian dibandingkan dengan z tabel 0,05= 1,96 dengan ii ketentuan z hitung lebih besar dari z tabel (-2,803 ≥ 1,96), maka Ha diterima dan HO ditolak. Kata kunci: Self-Intruction, motivasi belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Oct 2021 03:11
Last Modified: 01 Oct 2021 03:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15916

Actions (login required)

View Item View Item