STRATEGI PELATIHAN RETORIKA DAKWAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIDATO SANTRI PONDOK PESANTREN MODERN MAKKAH KARTA JAYA NEGARA BATIN WAY KANAN

Ibrahim, Saleh (2021) STRATEGI PELATIHAN RETORIKA DAKWAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIDATO SANTRI PONDOK PESANTREN MODERN MAKKAH KARTA JAYA NEGARA BATIN WAY KANAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI Ibrahim Saleh.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi adalah konsep atau upaya dalam suatu kegiatan dalam mengambil tindakan atau keputusan untuk mencapai suatu tujuan. Strategi yang dimaksud penulis disini adalah strategi dari pelatihan retorika dakwah dalam kemampuan berpidato santri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pelatihan retorika dakwah dalam kemampuan berpidato santri di Pondok Pesantren Modern Makkah Karta Jaya Negara Batin Way Kanan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian field research atau lapangan yaitu penelitian yang langsung dilakukan dilapangan atau pada responden. Adapun sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh ustad Pondok Pesantren Modern Makkah Karta Jaya Negara Batin Way Kanan yaitu sebanyak 25 orang dan seluruh santri Pondok Pesantren Modern Makkah Karta Jaya Negara Batin Way Kanan sebanyak 980 orang santri yang terdiri dari santri laki-laki dan santri perempuan, akan tetapi yang menjadi subyek populasi penelitian adalah santri yang tinggal di asrama dan berada di kelas 8 pada Madrasah Tsanawiyah Makkah Karta Jaya Negara Batin Way Kanan yaitu sebanyak 120 orang santri laki-laki dan perempuan. Teknik dalam pengambilan sample adalah menggunakan Simple Random Sampling. Dalam hal ini penulis mendapatkan sample sebanyak 15 orang. Adapun dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan alat pengumpul data yaitu metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan yakni secara umum strategi pelatihan retorika dakwah terhadap kemampuan berpidato santri Pondok Pesantren Makkah Karta Jaya dikatakan cukup baik, hal tersebut dapat terlihat beberapa kesimpulan yaitu: Strategi dan metode yang digunakan dalam pelatihan pidato dinilai sudah cukup tepat, karena dapat dengan mudah dipahami oleh santri. Sehingga dampak yang diperoleh, santri dapat memahami semua materi yang diberikan pelatih, wawasan santri lebih terbuka, santri dapat mengolah kata dengan baik, santri lebih percaya diri, mental santri lebih berani untuk berpidato di depan banyak orang, pemberian materi secara bertahap, dan juga proses pelatihan sudah cukup baik sesuai dengan hasil yang ingin dicapai dari kegiatan pelaksanaan pelatihan retorika dakwah di Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Sep 2021 04:29
Last Modified: 30 Sep 2021 04:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15905

Actions (login required)

View Item View Item