IMPLEMENTASI PELAYANAN KESEHATAN TRADISIONAL PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Desa Tanjung Raya Kecamatan Rebang Tangkas Kabupaten Way Kanan)

Ahmad, Muchlisin (2021) IMPLEMENTASI PELAYANAN KESEHATAN TRADISIONAL PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Desa Tanjung Raya Kecamatan Rebang Tangkas Kabupaten Way Kanan). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER - BAB I - II - DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Implementasi Pelayanan Kesehatan Tradisional yang terjadi di Desa Tanjung Raya Kecamatan Rebang Tangkas Kabupaten Way Kanan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analisis, dalam hal ini dengan turun secara langsung ke lapangan melakukan penelitian terhadap Pelayanan Kesehatan Tradisional di Desa Tanjung Raya, bagaimana implementasinya. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data wawancara dan pengamatan. Data primer diperoleh langsung dari responden mengenai pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Tradisional, sedangkan data sekunder berupa teori-teori dan norma hukum serta data penunjang lainnya diperoleh dari kepustakaan, dokumentasi dan monografi desa, semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendeskripsikan Pelayanan Kesehatan Tradisional yang terjadi di Desa Tanjung Raya Kecamatan Rebang Tangkas Kabupaten Way Kanan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dapat disimpulkan bahwa Praktik Pelayanan Kesehatan Tradisional yang terjadi di desa Tanjung Raya Kecamatan Rebang Tangkas Kabupaten Way Kanan dilakukan oleh pihak Pelayanan Kesehatan Tradisional itu sendiri, seperti dukun, tabib, orang pintar, dan lain sebagainya. Masyarakat mendatangi tempat Praktik Pelayanan Kesehatan Tradisional dengan membawa keluhan dan menceritakannya kepada pihak Pelayanan Kesehatan Tradisional tersebut, yang kemudian memeriksa dan mengobati pasien serta membaca rapalan/baca-bacaan/mantra, yang selanjutnya dibuatkan obat atau penawar dari bahan-bahan alami yang sudah diberi baca-bacaan/mantra tersebut. Bahwa dalam praktik Pelayanan Kesehatan Tradisional di desa Tanjung Raya Kecamatan Rebang Tangkas Kabupaten Way Kanan kurang sesuai dengan yang ditetapkan oleh Undang-Undang dan pandangan Fiqh Siyasah. Karena terdapat hal-hal ghaib didalamnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Sep 2021 03:09
Last Modified: 30 Sep 2021 03:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15899

Actions (login required)

View Item View Item