PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURINGTERHADAPPENINGKATKAN PERCAYA DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 KOTABUMI TAHUN AJARAN 2020/2021

Nevrisa, Kharisma Putri (2021) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURINGTERHADAPPENINGKATKAN PERCAYA DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 KOTABUMI TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI NEVRISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Percaya diri merupakan suatu hal yang penting harus dimiliki oleh peserta didik sebagai penunjang dalam kegiatan belajar mengajar serta membangun hubungan sosial di lingkungan sekitar. Untuk mengoptimalkan bakat dan kemampuan yang dimiliki peserta didik juga diperlukan percaya diri yang baik. Namun, tersapat peserta didik di SMPN 3 Kotabumi Lampung Utara yang memiliki percaya diri rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh konseling kelompok dengan teknik Cognitive Restructuring terhadap peningkatan percaya diri peserta didik di SMPN 3 Kotabumi Lampung Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan Pre- Experimental design dalam bentuk One-Group Pre-test Post-test Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, angket dan observasi serta dokumentasi. Proses pengambilan sambel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan populasi yaitu peserta didik kelas VIII dan sampel sebanyak 8 peserta didik kelas 8 yang memiliki permasalahan percaya diri. Peserta didik dilakukan pre-test sebelum diberikan perlakuan berupa konseling kelompok dengan teknik Cognitive Restructuring guna meningkatkan percaya diri peserta didik. Setelah diberi perlakuan, maka dilakukan pre-test, dengan nilai rata-rata 33,3 (kategori rendah) dan nilai rata-rata post-test sebesar 61,6 (kategori tinggi). Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus Uji Wilcoxon dan didapatkan nilai Zhitung sebesar -2,530 dengan Ztabel sebesar 0,2190 serta taraf signifikan 5% dan diketahui Asymp.Sig. (2 tailed) dengan nilai 0,011. Karena 0,011 < 0,05, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa H1 diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa konseling kelompok dengan teknik Cognitive Restructuring berpengaruh terhadap peningkatan kepercayaan diri peserta didik di SMPN 3 Kotabumi Lampung Utara. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Cognitive Restructuring, Pengaruh, Percaya Diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Sep 2021 04:46
Last Modified: 29 Sep 2021 04:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15894

Actions (login required)

View Item View Item