PENANAMAN NILAI-NILAI KEISLAMAN MELALUI PEMBIASAAN PRAKTIK KEAGAMAAN SISWA KELAS 3 MI AL-JAUHAROTUN NAQIYYAH BANDAR LAMPUNG

Evita, Sari (2021) PENANAMAN NILAI-NILAI KEISLAMAN MELALUI PEMBIASAAN PRAKTIK KEAGAMAAN SISWA KELAS 3 MI AL-JAUHAROTUN NAQIYYAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan salah satu pilar yang mempunyai peranan penting dalam menciptakan manusia yang berkualitas. Berkualitas yang dimaksudkan antara lain adalah yang memiliki kecerdasan yang tinggi, keterampilan yang diperlukan oleh dirinya serta kreativitas yang seimbang dengan kecerdasan yang dimiliki. Permasalahan Penelitian ini berawal dari sikap peserta didik yang semakin lama mengalami kemunduran atau kemerosotan. Seperti yang peneiti lihat dari sekolah tersebut bahwa masih ada peserta didik yang mempunyai sikap buruk mengenai kedisiplinan, kejujuran, bertanggung jawab, kepedulian, sopan santun serta percaya diri. Rendahnya kesadaran peserta didik ini seharusnya dapat diminimalisir dengan penerapan penanaman nilai-nilai keislaman dengan pembiasaan praktik keagamaan yang menekankan pada sikap akhlak peserta didik. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui mengetahui dan dapat menanamkan nilai-nilai keislaman melalui pembiasaan praktik keagamaan siswa di MI Al-Jauharotun Naqiyyah. Ada pun penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptip kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, untuk memperoleh keabsahan data peneliti menggunakan teknik tringulasi dari beberapa teknik diantaranya wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun sumber datanya adalah dari pendidik dan peserta didikk yang memegang mata pelajaran Keagamaan kelas III. Data dianalisis dengan kualitatif melalui teknik analisis data reduksi (reduction data), penyajian data (display), dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendidik mata pelajaran keagamaan melakukan proses pembelajaran sesuai dengan metode yang diterapkan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan penerapan pembiasaan prakik keagamaan peserta didik sesuai dengan tujuan mata pelajaran keagamaan MI Al-Jauharotun Naqiyyah Bandar Lampung mengalami peningkatan disetiap pertemuannya. Kata kunci: Nilai Keislaman, Praktik Keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Sep 2021 05:53
Last Modified: 28 Sep 2021 05:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15881

Actions (login required)

View Item View Item