PENGGUNAAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK TERATAI MARTAPURA SUMATERA SELATAN

Septi, Haryati (2021) PENGGUNAAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK TERATAI MARTAPURA SUMATERA SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI SEPTI HARYATI 1711070191..pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Buku cerita bergambar merupakan salah satu media yang mampu mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak. Melalui media buku cerita bergambar dapat membantu guru agar membangun kosa kata, kesadaran, dan mengembangkan pengenalan huruf. Berbicara mengenai penggunaan media buku cerita bergambar, hal ini dikarenakan kurangnya kemampuan anak dalam menyebutkan simbol huruf vokal dan konsonan, menyebutkan suku kata serta menghubungkan suku kata menjadi kata sederhana. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan media buku cerita bergambar dalam mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Teratai Martapura Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik. Objek penelitian ini yaitu penggunaan media buku cerita bergambar dalam mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Teratai Martapura Sumatera Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan verifikasi penarikan kesimpulan. Peneliti dapat simpulkan bahwa terbukti dengan penggunaan media buku cerita bergambar dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Teratai Martapura Sumatera Selatan, hal ini terlihat dari peneliti memperhatikan indikator pencapaian kemampuan membaca permulaan anak, yaitu anak mampu menyebutkan simbol huruf vokal dan konsonan, anak mampu menyebutkan suku kata atau mengeja kata, dan anak mampu menghubungkan suku kata menjadi kata sederhana. Kata Kunci: Buku Cerita Bergambar, Kemampuan Membaca Permulaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Sep 2021 02:44
Last Modified: 28 Sep 2021 02:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15871

Actions (login required)

View Item View Item