PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL DAUN BAYAM MERAH (Amaranthus tricolor L.) TERHADAP KUALITAS SPERMATOZOA MENCIT JANTAN (Mus musculus L.) YANG DIPAPAR ASAP ROKOK

Rani, Setia Arum (2021) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL DAUN BAYAM MERAH (Amaranthus tricolor L.) TERHADAP KUALITAS SPERMATOZOA MENCIT JANTAN (Mus musculus L.) YANG DIPAPAR ASAP ROKOK. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI Rani Setia Arum.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL DAUN BAYAM MERAH (Amaranthus tricolor L.) TERHADAP KUALITAS SPERMATOZOA MENCIT JANTAN (Mus musculus L.) YANG DIPAPAR ASAP ROKOK Oleh RANI SETIA ARUM Asap rokok merupakan radikal bebas dan dapat meningkatkan Reactive Oxygen Species (ROS) yang dapat menyebabkan kerusakan pada DNA spermatozoa dan diikuti peningkatan apoptosis spermatozoa. Stress oksidatif dapat terjadi jika radikal bebas dalam tubuh tidak diimbangi dengan antioksidan yang dapat mengurangi jumlah radikal bebas tersebut. Flavonoid yang dimiliki oleh daun bayam merah (Amaranthus tricolor L.)berpotensi untuk menurunkan produksi ROS pada tubuh serta memperbaiki kualitas spermatozoa mencit jantan (Mus musculus L.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak etanol daun bayam merah (Amaranthus tricolor L.) terhadap morfologi, motilitas, dan jumlah spermatozoa mencit jantan (Mus musculus L.). Desain penelitian yang digunakan adalah ekperimental laboratorium dengan metode RAL (Rancangan Acak Legkap). Subjek pada penelitian ini adalah mencit jantan (Mus musculus L.) sebanyak 25 ekor mencit dan dibagi menjadi lima kelompok berbeda yaitu: K normal hanya diberikan aquades, K(-) mencit diberi aquades dan diberi paparan asap rokok, P1 diberi paparan asap rokok+ ekstrak etanol daun bayam merah 200mg/kgBB, P2 diberi paparan asap rokok+ ekstrak etanol daun bayam merah 400 mg/kgBB, P3 diberi paparan asap rokok+ ekstrak etanol daun bayam merah 800mg/kgBB. Data dari penelitian ini dianalisis menggunakan Analisis of Variance (ANOVA) dengan nilai signifikasi < 0,05 dan dilanjutkan dengan uji LSD (List Significant Difference). Hasil penlitian menunjukkan dosis yang paling banyak memperbaiki jumlah spermatozoa, motilitas spermatozoa, dan morfologi spermatozoa adalah dosis 800mg/kgBB kelompok P3. Peningkatan jumlah spermatozoa sebanyak 25,6 juta/ml, motilitas spermatozoa sebanyak 80,2%, dan morfologi normal spermatozoa sebanyak 81,2%. Kata Kunci: Asap rokok, kualitas spermatozoa, antioksidan, Amaranthus tricolor L..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Sep 2021 02:42
Last Modified: 27 Sep 2021 02:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15861

Actions (login required)

View Item View Item