IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DALAM UPAYA MENUMBUHKAN CINTA AL-QUR’AN DI SEKOLAH QUR’AN ABU BAKAR ASH SHIDIQ, KOTA BANDAR LAMPUNG

DAFIT, SAPUTRA (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DALAM UPAYA MENUMBUHKAN CINTA AL-QUR’AN DI SEKOLAH QUR’AN ABU BAKAR ASH SHIDIQ, KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Cinta Al-Qur‟an adalah suatu perasaan kasih sayang, mengingat dan memikirkan dalam hati, kemudian terwujud dalam tindakan nyata kepada kitab suci (Al-Qur‟an) di jadikan suri teladan maupun sebagai santapan jiwa, hidayah (petunjuk), pengobat, rahmah (kasih sayang) dan pedoman terhadap segala aspek kehidupan dengan cara membaca, mentadaburi, menghafal dan mengamalkannya. Salah satu tujuan dibentuknya pembelajaran Tahfidzul Qur‟an ini adalah untuk menumbuhkan cinta Al-Qur‟an pada peserta didik seperti halnya motto yang diterapkan di Sekolah Qur‟an Abu Bakar Ash Sidiq yaitu cinta Al-Qur‟an sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran Tahfidzul Qur‟an dalam upaya menumbuhkan cinta Al-Qur‟an dan apa saja faktor pendorong dan penghambat dalam implementasi pembelajaran Tahfidzul Qur‟an dalam upaya menumbuhkan cinta Al-Qur‟an di Sekolah Qur‟an Abu Bakar Ash-Sidiq. Penelitian ini masuk dalam jenis penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan deskriftif kualitatif, metode penelitian dalam skripsi ini yaitu dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data kualitatif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, peyajian data dan verifikasi data. Uji keabsahan data pada skripsi ini menggunakan metode tringulasi sumber, tringulasi teknik, tringulasi waktu. Sumber data utama adalah para guru tahfidz kelas 3 sampai 5, dan peserta didik kelas 3 sampai 5 Sekolah Qur‟an Abu Bakar Ash- Sidiq. Hasil dari penelitian ini adalah, upaya menumbuhkan cinta Al-Qur‟an melalui implementasi pembelajaran Tahfidzul Qur‟an di Sekolah Abu Bakar Ash-Sidiq adalah Memberikan Motivasi Keutamaan- Keutamaan Menghafal Qur‟an Pada Peserta Didik, dan Interaksi Antara Peserta Didik Dengan Al-Qur‟an, Faktor pendukung dalam upaya menumbuhkan cinta Al-Qur‟an melalui implementasi pembelajaran Tahfidzul Qur‟an di Sekolah Abu Bakar Ash-Sidiq adalah asungan dan motivasi orangtua peserta didik dan kemauan dari peserta didik, guru selalu memberikan motivasi dan arahan. Faktor penghambat dalam upaya menumbuhkan cinta Al-Qur‟an melalui implementasi pembelajaran Tahfidzul Qur‟an di Sekolah Abu Bakar Ash-Sidiq adalah bimbingan orangtua yang kurang perhatian dalam iipembimbingan dan pengulangan hafalan disekolah serta membantu anak untuk menumbuhkan rasa cinta dan senang menghafal Al- Qur‟an, dan handphone. Melihat kendala yang terlihat khususnya terhadap hasil pembelajaran Tahfizul Qur‟an maka diharapkan guru tahfidz lebih bisa menguasa kelas dengan motivasi dan ketegasan , kepada orangtua diharapkan dapat ikut serta bekerjasama untuk saling peduli terkait hafalan dan motivasi pada anak untuk menumbuhkan rasa cinta pada Al-Qur‟an dan kepada masyarakat diharapkan dapat ikut serta mencintai Al-Qur‟an agar menciptakan lingkungan yang baik untuk anak-anak agar tertanam rasa cinta Al-Qur‟an sejak dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Sep 2021 03:28
Last Modified: 24 Sep 2021 03:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15852

Actions (login required)

View Item View Item