ANALISIS PENETAPAN TINGKAT UPAH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN TENAGA KERJA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada UMKM Pabrik Tahu di Kelurahan Kedamaian Kota Bandar Lampung dimasa Pandemi Covid-19)

AHMAD, SUPARDI (2021) ANALISIS PENETAPAN TINGKAT UPAH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN TENAGA KERJA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada UMKM Pabrik Tahu di Kelurahan Kedamaian Kota Bandar Lampung dimasa Pandemi Covid-19). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI AHMAD SUPARDI 93.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kota Bandar Lampung tepatnya di Kelurahan Kedamaian merupakan salah satu daerah yang sebagian masyarakatnya pelaku UMKM pengrajin kedelai yang diproduksi menjadi Tahu. Persatuan UMKM pengrajin kedelai di Bandar lampung termasuk terkena dampak yang terkena COVID-19 tidak hanya banyak pelanggan yang sementara berhenti memasok kebutuhan seperti tempe, tahu dan oncom hal ini dikarenakan banyak rumah makan yang harus tutup sementara waktu dan pasar yang sepi akibat wabah ini, hal ini membuat permintaan di pasar berkurang dan membuat pemilik usaha harus mengurangi jumlah produksinya, Hanya ada beberapa pemilik usaha yang masih melanjutkan usahanya dengan pekerja yang masuk secara bergantian. Adapun Rumusan Masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana Penetapan Tingkat Upah Dalam meningkatkan pendapatan tenaga keja dimasa Pandemi Covid19 (Studi pada UMKM Pengrajin Tahu di Kelurahan Kedamaian Kota Bandar Lampung) ?Bagaimana penetapan tingkat upah dalam meningkatkan pendapatan tenaga kerja dimasa Pandemi Covid19 menurut perspektif Ekonomi Syariah (Studi pada UMKM Pengrajin Tahu di Kelurahan Kedamaian Kota Bandar Lampung)? Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis dan mengetahui Bagaimana Penetapan Tingkat Upah dalam meningkatkan pendapatan tenaga keja dimasa Pandemi Covid19 menurut perspektif islam pada UMKM Pengrajin Tahu di Kelurahan Kedamaian Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan Sistem upah yang diterapkan pada Pabrik Tahu Kelurahan Kedamaian dapat dikatakan sudah baik artinya sudah sesuai UMK Bandar Lampung bahkan lebih, secara umum sistem yang dijalankan sesuai dengan karakteristik dan prinsip tentang sistem upah tersebut. di masa pandemi pendapatan karyawan di pabrik tahu kelurahan kedamaian mengalami penurunan sebesar lebih kurang 70%. Peningkatan pendapatan pada pekerja di iv Pabrik Tahu Kelurahan Kedamaian ini sebagai implikasi dari sistem upah secara umum sudah cukup baik dalam perspektif ekonomi islam. Secara khusus dapat digambarkan dengan jelas bagaimana eratnya hubungan antara syari‟at islam dengan kemaslahatan. Kemaslahatan sendiri merupakan terpeliharanya tujuan syara‟ (Maqasid al Syariah). Didalam pabrik tahu kelurahan kedamaian sudah sesuai dengan prinsip-prinsip Ekonomi Islam yaitu prinsip bekerja/produktivitas dan prinsip keadilan. Kata Kunci : Sistem Upah dan Pendapatan Tenaga Kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Sep 2021 07:34
Last Modified: 23 Sep 2021 07:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15851

Actions (login required)

View Item View Item