PEMBINAAN DAN PENGAWASAN PENYELENGGARAAN PEMERINTAH DAERAH MENURUT PERDA NOMOR 7 TAHUN 2013 TENTANG ORGANISASI DAN TATA KERJA INSPEKTORAT, BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH DAN LEMBAGA TEKNIS DAERAH PROVINSI LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF SIYASAH (Studi di Inspektorat Provinsi Lampung)

PANDANI, ELISA (2021) PEMBINAAN DAN PENGAWASAN PENYELENGGARAAN PEMERINTAH DAERAH MENURUT PERDA NOMOR 7 TAHUN 2013 TENTANG ORGANISASI DAN TATA KERJA INSPEKTORAT, BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH DAN LEMBAGA TEKNIS DAERAH PROVINSI LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF SIYASAH (Studi di Inspektorat Provinsi Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PANDA.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Menurut Perda Nomor 7 Tahun 2013 tentang Organisasi dan Tatakerja Inspektorat, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Lembaga Teknis Daerah Provinsi Lampung Dalam Perspektif Siyasah” (Studi di Inspektorat Provinsi Lampung).Untuk terciptanya good government, maka penting adanya efektivitas dan efesiensi dari setiap lembaga pemerintahan. Untuk itu, diperlukan partisipasi dari seluruh anggota masyarakat, khususnya lembaga pengawasan guna melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap instansi pemerintah. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field Research) dimana Peneliti melakukan penelitian di Inspektorat lampung, dengan menggunakan penelitian deskriptif dengan memberikan gambaran umum tentang latar penelitian dan sebagai bahan pembahasaan hasil penelitian, bertujuan sebagai landasan teori untuk pemandu agar fokus penelitian sesuai fakta di lapangan. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan metode deskriptif yang dimana peneliti mendeskripsikan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti. Sebagaimana adanya Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 7 Tahun 2013 tentang Organisasi dan Tatakerja Inspektorat, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Lembaga Teknis Daerah Provinsi Lampung. Dalam pentas sejarah dunia dapat dilihat bahwa baik buruknya negara tergantung dengan sistem pemerintahan. Al-qur’an secara tegas telah menetapkan keharusan adanya pemerintahan. Allah Swt memerintahkan Rasulullah Saw untuk membiasakan dan melatih diri dalam urusan kepemerintahan. Melalui suatu kebijakan pembinaan dan pengawasan yang komprehensif, maka diharapkan kemampuan administrasi publik yang saat ini dianggap lemah, dapat ditingkatkan kapasitasnya dalam rangka membangun infrastruktur birokrasi yang lebih kompetitif. Dalam Al- Qur’an menjelaskan bahwa kepemimpinan dalam siyasah dusturiyah dapat disesuaikan dengan setiap zaman. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan pelaksanaan pembentukan kualitas aparatur pemerintahan, maka ditunjuklah inspektorat selaku badan pengasawan internal pemerintah kabupaten/kota untuk mengawasi kinerja pemerintah, pada kegiatan pembangunan, kegiatan kepegawaian, dan pelayanan pada masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana inspektorat provinsi lampung melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap instansi pemerintah provinsi lampung 2) apa saja kendala yang dihadapi inspektorat provinsi lampung dalam pembinaan dan pengawsaan terhadap instansi pemerintahan berdasarkan perda Nomor 7 Tahun 2013 3) bagaimana pembinaan dan pengawasan inspektorat provinisi lampung terhadapp perda Nomor 7 Tahun 2013 ditinjau dari siyasah dusturiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Sep 2021 03:25
Last Modified: 23 Sep 2021 03:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15834

Actions (login required)

View Item View Item