PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) KELAS 4

DESSY, SAPUTRI (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) KELAS 4. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI DESSY SAPUTRI BAB I-BAB II.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI DESSY SAPUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) KELAS 4 Oleh Dessy Saputri Pembelajaran menggunakan modul dapat menstimulasi peserta didik untuk belajar secara mandiri. Dalam pembelajaran matematika saat pandemic covid 19 selama ini, hasil belajar yang diperoleh belum maksimal dikarenakan sulit, tidak menarik, modul yang dimiliki bersifat monoton, serta tidak mudah dipahami ketika proses pembelajaran daring. Hal tersebut termasuk data yang diperoleh dalam proses observasi. Berdasarkan data tersebut untuk memudahkan peserta didik belajar secara daring dirumah maka di buatlah modul pembelajaran berbasis RME. Penelitian ini di bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan modul, dan mengetahui kemenarikan modul matematika berbasis RME. Model Pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implimentation, Evaluation. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data meliputi instrument test dan non test. Teknik analisis data pada penelitian ini digunakan untuk menghitung kevalidtan dari para validator, respon pendidik dan peserta didik. Hasil uji validasi yang dilakukan oleh validasi ahli media memiliki persentase 85% dengan kriteria sangat layak, kemudian validasi ahli materi mendapatkan kriteria sangat layak dengan persentase 83%, dan untuk validasi ahli Bahasa memperoleh kriteria sangat layak dengan persentase 83%. Hasil respon pendidik mendapatkan kriteria sangat layak atau sangat menarik dengan persentase 95%, sehingga pendidik menilai bahwa 5 % dari 100 % modul tersebut kurang layak, dengan alasan bahwa peserta didik lebih tertarik dengan gadget, hal tersebut membuat peserta didik tak acuh pada modul ini dan sedikit tertarik dengan gedget. Kemudian respon uji coba skala kecil memperoleh persentase 86,5% dengan respon sangat layak atau sangat menaarik, dan uji coba skala besar memperoleh kriteria sangat layak atau sangat menarik dengan persentase 85,6 %. Sehingga berdasarkan hasil dari uji coba tersebut diperoleh rata-rata 89% dengan kriteria sangat layak atau sangat menarik. Maka diperoleh kesimpulan bahwa modul pembelajaran berbasis RME tersebut sangat layak atau sangat menarik digunakan berdasarkan respon pendidik dan peserta didik pada pengembangan modul matematika yang digunakan di sekolah. Kata kunci: Modul Pembelajaran, Realistic Mathematics Education

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Sep 2021 05:57
Last Modified: 22 Sep 2021 05:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15826

Actions (login required)

View Item View Item