PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEHNIK PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI PESERTA DIDIK DI SMP N 3 BUKIT KEMUNING LAMPUNG UTARA.

RIAN, ANDRIAN (2021) PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEHNIK PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI PESERTA DIDIK DI SMP N 3 BUKIT KEMUNING LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIAN ANDRIAN_1711080199.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Bimbingan Kelompok adalah kegiatan kelompok diskusi yang menunjang perkembangan pribadi dan perkembangan sosial masing- masing individu-individu dalam kelompok, serta meningkatkan mutu kerja sama dalam kelompok guna aneka tujuan yang bermakna bagi para partisipan. Bantuan tersebut berupa pertolongan di bidang kognitif, fisik dan mental, karena belum mengenal identitas diri, ragu, sukar mengambil keputusan, masalah dalam hubungan interpersonal, bahkan kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi tidak berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Pelaksanaan Bimbingan dengan Teknik Problem Solving dalam Mengembangkan Konsep Diri Peserta didik di SMP N 3 Bukit Kemuning Lampung Utara Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaiman penggunaan konseling kelompok dengan menggunakan tehnik Problem Solving dalam membantu peserta didik yang mengalami masalah perkembangan konsep dirinya. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terhimpun, penulis melakukan analisis deskripsi hasil penelitian dengan menggunakan metode kualitatif. Subyek penelitian ini sebanyak 10 konseli yaitu peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Bukit Kemuning Lampung Utara. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis teliti, yang ada pada data lapangan adalah bimbingan kelompok dapat berkembangnya konsep diri peserta didik dengan bersumber hasil wawancara dengan guru BK. Berdasarkan hasil penelitian penulis, dapat simpulkan bahwa proses layanan dalam meningkatkan konsep diri peserta didik yang dilakukan oleh guru BK di SMP Negeri 3 Bukit Kemuning Lampung Utara dengan bimbingan kelompok teknik problem solving. Setelah dilakukan layanan bimbingan peserta didik JK, IN, KL, MN, NU, HN, KL, LU, CI, JO sudah mengalami perubahan dalam perkembangan konsep diri yang lebih positif, seperti percaya akan kemampuan diri sendiri dan lebih menghargai kelebihan diri sendiri, mengganti fikiran-fikiran negatif menjadi fikiran-fikiran positif, iimeningkatkan rasa percaya diri dengan melawan ketakutan untuk takut gagal, lebih terbuka dan menerima dengan baik setiap pujian- pujian yang di terima. KATA KUNCI : Bimbingan Kelompok, Problem Solving, Konsep diri iiiABSTRACT Group Guidance is a discussion group activity that supports the personal development and social development of each individual in the group, as well as improving the quality of teamwork in groups for various purposes that are meaningful to the participants. The assistance is in the form of assistance in the cognitive, physical and mental fields, because they do not know their identity, have doubts, have difficulty making decisions, problems in interpersonal relationships, and even communication and social skills do not work well. This study aims to describe the Implementation of Guidance with Problem Solving Techniques in Developing Students' Self- Concepts at SMP N 3 Bukit Kemuning, North Lampung. This study aims to see how the use of group counseling using the Problem Solving technique in helping students who have problems developing their self-concept. In collecting data, this research used interview, observation and documentation methods. After the data is collected, the authors analyze the description of the research results using qualitative methods. The subjects of this study were 10 counselees, namely class VII students at SMP Negeri 3 Bukit Kemuning, North Lampung. Based on the results of the research that the authors examined, what is in the field data is that group guidance can develop students' self- concepts based on the results of interviews with BK teachers. Based on the results of the author's research, it can be concluded that the service process in improving students' self-concept is carried out by BK teachers at SMP Negeri 3 Bukit Kemuning, North Lampung with group guidance on problem solving techniques. After tutoring services for JK, IN, KL, MN, NU, HN, KL, LU, CI, JO students have experienced changes in the development of a more positive self- concept, such as believing in one's own abilities and more appreciating one's own strengths, replacing negative thoughts into positive thoughts, increase self-confidence by fighting fear for fear of failure, be more open and accept every compliment that is received well. KEYWORDS: Group Guidance, Problem Solving, Self-concept

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Sep 2021 03:42
Last Modified: 22 Sep 2021 03:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15817

Actions (login required)

View Item View Item