PENGGUNAAN DINAR DAN DIRHAM UNTUK DIJADIKAN ALAT TRANSAKSI DAN KELAYAKANNYA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus WAKALA HAIFA AL-KAHFI Dan Pasar Muamalah Bandar Lampung)

IHSAN, KURNIAWAN (2021) PENGGUNAAN DINAR DAN DIRHAM UNTUK DIJADIKAN ALAT TRANSAKSI DAN KELAYAKANNYA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus WAKALA HAIFA AL-KAHFI Dan Pasar Muamalah Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI IHSAN KURNIAWAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dinar dan Dirham adalah dua mata uang yang terbuat dari emas dan perak yang keduanya telah digunakan manusia sejak sebelum Masehi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana Kelayakan Penggunaan Dinar Dan Dirham Dalam Wakala Haifa Al-Kahfi dan Pasar Muamalah Bandar Lampung? 2.Bagaimana Kelayakan Penggunaan Dinar Dan Dirham Dalam Wakala Haifa Al-Kahfi dan Pasar Muamalah Bandar Lampung Dalam Perspektif Ekonomi Islam? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan penggunaan Dinar dan Dirham didalam transaksi dan mengambil studi kasus di Wakala Haifa Al-Kahfi dan Pasar Muamalah Kota Bandar Lampung dan dalam perspekif Eekonomi Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan penelitian secara langsung di lapangan (fieldresearch) melalui pendekatan fenomologi dan pendekatan normatif. Populasi dari penelitian ini merupakan seluruh anggota yang tergabung di dalam forum pasar muamalah, dan pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan tekhnik purposive sampling dengan kriteria pengambilan sampel yang telah ditentukan oleh peneliti yaitu para anggota yang telah memiliki usaha mikro atau pedagang di dalam pasar muamalah tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa layaknya penggunaan dan transaksi Dinar Dirham di dalam pasar muamalah Kota Bandar Lampung untuk masyarakat dari kelompok/ golongan tertentu dapat digunakan sebagai transaksi seperti jual beli, hutang piutang, jaminan, mahar, zakat dan lainnya. Namun untuk masyarakat secara umum, Dinar dan Dirham belum dapat digunakan sebagai alat transaksi, karena mayarakat umumnya masih sangat langka terhadap pengetahuan tentang Dinar dan Dirham. Dalam perspektif ekonomi Islam Dinar dan Dirham sangat layak digunakan sebagai alat transaksi, karena Dinar dan dirham yang berbahan baku emas dan perak mata uang terbukti nilainya stabil dan kemungkinan terjadinya krisis sangat kecil.Sedangkan uang kertas yang digunakan sekarang oleh seluruh negara didunia sering terjadi inflasi. Mata uang dinar dan dirham keduanya memiliki nilai yang tetap. Kata Kunci : Kelayakan, Dinar, Dirham, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Sep 2021 07:35
Last Modified: 21 Sep 2021 07:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15813

Actions (login required)

View Item View Item