PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI STOP-MOTION PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA DI SMA N 1 ABUNG TINGGI

WINDA, SEFTIANA (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI STOP-MOTION PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA DI SMA N 1 ABUNG TINGGI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI WINDA SEFTIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI STOP-MOTION PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA DI SMA N 1 ABUNG TINGGI Oleh: Winda Seftiana Penelitian ini dilatar belakangi untuk pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi Stop-motion, serta mengetahui respon dari peserta didik terhadap video animasi Stop-motion tersebut sebagai media pembelajaran biologi. Banyak yang beranggapan biologi merupakan mata pelajaran yang sulit untuk dipahami terutama pada materi sel yang banyak subbab di dalamnya sehingga membuat materi tersebut sulit untuk dipahami. Belum lagi jika proses KBM di dalam kelas yang tidak mendukung, hal itu akan menciptakan rasa dan suasana yang bosan ketika proses pembelajaran berlangsung. Untuk itu, kegiatan pembelajaran harus dibuat semenarik mungkin dan mengikuti perkembangan yang ada. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan yang dikembangkan oleh ADDIE yang meliputi: Analysis (analisis), Desain (perancangan), Develop (pengembangan), Implementasi (penerapan), dan yang terakhir Evaluation (penilaian). Adapun subjek dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI IPA di SMA N 1 Abung Tinggi. Data penelitian yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil yang di peroleh dari masing-masing ahli yaitu; ahli materi mendapat kategori valid dengan rata-rata nilai 3,61 dari rata-rata skor tertinggi 4,00. Rata-rata hasil yang diperoleh dari ahli media yaitu 3,52 dan rata-rata nilai hasil yang diperoleh dari ahli bahasa yaitu 3,81 dari rata-rata skor tertinggi 4,00 dan mendapat kategori valid. Pada uji lapangan skala besar yang diikuti sebanyak 30 peserta didik dari 2 kelas XI IPA di SMA N 1 Abung Tinggi diperoleh rata-rata 3,75 untuk kelas XI IPA1 dan skor rata-rata 3,80 untuk kelas XI IPA2 dengan berkriteria sangat menarik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi Stop-motion pada materi sel kelas XI IPA di SMA N 1 Abung Tinggi layak untuk digunakan sebagai alat bantu didalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: ADDIE, Media Pembelajaran, Animasi Stop-motion, Sel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Sep 2021 04:11
Last Modified: 21 Sep 2021 04:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15807

Actions (login required)

View Item View Item