MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BERORIENTASI PADA KEUNGGULAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN PROVINSI LAMPUNG

ABDUL, AZIZ (2021) MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BERORIENTASI PADA KEUNGGULAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN PROVINSI LAMPUNG. PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover, BAB 1 dan 2, Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of Disertasi ABDUL AZIZ 2020.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan tertua di Indonesia, warisan budaya asli Indonesia. Akselerasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membentuk peradaban umat manusia (globalisasi). Pondok Pesantren harus merespon kemajuan peradaban secara serius, namun pada sisi yang lain harus tetap konsisten mempertahankan karakteristik kepesantrenannya. Hal inilah yang kemudian melahirkan empat tipologi pondok pesantren di Provinsi Lampung, yaitu salafiyah murni, madrasah diniyah takmiliyah, pendidikan diniyah formal, dan takhassus. Tempat penelitian ini adalah Pondok Pesantren Darussalamah Lampung Timur, Pondok Pesantren Mathla‘ul Huda Pringsewu, Pondok Pesantren Madarijul Ulum Bandar Lampung dan Pondok Pesantren Darul Huffaz Pesawaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menemukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pengembangan sumber daya manusia berorientasi pada keunggulan karakter di Pondok Pesantren Provinsi Lampung. Keunggulan karakter meliputi pengetahuan tentang moral (moral knonwing), sikap moral (moral felling), dan perilaku moral (moral behavior). tiga pilar karakter ini akan melahirkan kebiasaan dalam pikiran, hati dan tindakan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data yang dikumpulkan berasal dari catatan lapangan hasil pengamatan langsung, naskah hasil wawancara, dokumen lembaga, dokumen pribadi, risalah rapat, memo, dan dokumen resmi lainnya. Sedangkan metodenya fenomenologis, data bukan berdasarkan apa yang dipikirkan oleh peneliti tetapi berdasarkan sebagaimana adanya dilapangan, yang terjadi, yang dialami, dirasakan, dan dipikirkan oleh partisipan/sumber data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan, perencanaan pengembangan sumber daya manusia pondok pesantren meliputi analisis pekerjaan, rekrutmen, seleksi dan penempatan. Pelaksanaan pengembangan sumber daya manusia pondok pesantren meliputi pendidikan seperti pengajian rutin, pembinaan rutin, lokakarya, sarasehan, workshop, seminar, studi banding dan tawajjuhan thariqoh, dan pelatihan seperti qiyamul lail, shalat lima waktu, dzikir rutin, tahsin dan tahfidz Al Qur‘an. Evaluasi pengembangan sumber daya manusia pondok pesantren dilaksanakan satu bulan sekali, dua bulan sekali, tiga bulan sekali, akhir semester, akhir tahun pelajaran, bahkan setiap saat. Dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi selalu yang menjadi pertimbangan utama adalah keunggulan karakter, yaitu karakter moral yang meliputi amanah, jujur, tanggung jawab, ikhlas, santun, qana‘ah, loyal, militan dst. Dan karakter kinerja yang meliputi kompetensi, disiplin, tepat waktu, menghargai waktu, kolaboratif, kerja keras, tuntas dst. Kata Kunci: Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Keunggulan Karakter, Pondok Pesantren. vABSTRACT The Islamic boarding school is the oldest educational institution in Indonesia, an authentic and original cultural heritage of Indonesia. The acceleration of the development of science and technology has shaped human civilization (globalization). Islamic boarding schools must respond to the progress of human civilization seriously, but on the other hand, they must consistently maintain their original characteristics. This has resulted in the birth of four typologies of Islamic boarding schools in the Province of Lampung, namely pure salafiyah, madrasah diniyah takmiliyah, formal diniyah education, and takhassus. The places of this research are the Islamic Boarding School of Darussalamah in East Lampung, the Islamic Boarding School of Mathla'ul Huda in Pringsewu, the Islamic Boarding School of Madarijul ‗Ulum in Bandar Lampung, and the Islamic Boarding School of Darul Huffaz in Pesawaran. This study aims to find out the planning, implementation and evaluation of the development of human resource on character excellence oriented in Islamic boarding schools in the province of Lampung. Character excellence includes the knowledge of morals, moral attitudes, and moral behavior. These three pillars of character will give birth to habits in mind, heart and actions. In this study, using a qualitative approach, the data collected came from direct observations, manuscripts from interviews, institutional documents, personal documents, minutes of meetings, memos, and other official documents. While the method is phenomenological, the data is not based on what the researcher thinks but is based on what is happening in the field, what happens, is experienced, felt, and thought by the participants / data sources. The results showed that, the planning of the development of human resource of Islamic boarding schools consist of job analysis, recruitment, selection and placement. The implementation of the development of human resource of Islamic boarding schools include education such as routine recitation, routine coaching, workshops, seminars, comparative studies and tawajjuhan thariqoh (relay on Allah), and training such as qiyamul lail (prayer in the night), five daily prayers, routine dzikir, tahsin and tahfidz Al-Qur‘an. The evaluation of the development of human resource of Islamic boarding schools are carried out once a month, every two months, every three months, at the end of the semester, at the end of the school year, even at any time. The main consideration in planning, implementation and evaluation are about character excellence, namely moral character which includes trustworthiness, honesty, responsibility, sincerity, politeness, loyalty, militancy, and so on. And the performance character includes competence, discipline, punctuality, respect for time, collaborative, hard working, complete working, and so on. Keywords: Planning, Implementation, Evaluation, Character Excellence, Islamic Boarding School. viثحبلا صلختسم يملاسلإا دهعلدا ،يعيبط مدقت ،يموقت ،قيبطت ،طيطتخ : ةيساسلأا تاملكلا في ةيلصلأا ةفاقثلا ةثروك ومدقأو يوبتًلا دهعلدا لوأ وى يملاسلإا دهعلدا ةيناسنلإا ةراضلحا نيوكت ةيجولونكتلاو فراعلدا ريوطت عرسأ ناكو .ايسينودنإ كلذكو .دلجبا ةراضلحا مدقت ىلع باجتسا دق يملاسلإا دهعلدا نوكيو .ًةيلك يملاسلإا دهعلدأ نأ ودبي ةلأسلدا هذبه مازتللإا .هدهعم ةيزم صرح في مودي نأ ةينيدلا ةسردلداو ،يلصلأا يفلسلا دهعلدا :يىو طانمأ عبرأ ول ،جنوبملاب ثحابلا تمأو .ةيصصختلا ةينيدلا ةسردلداو ةيلكشلا ةينيدلا ةسردلداو ،ةيليمكتلا دهعلداو ةيقرشلا جنوبملا ةملاسلا راد يملاسلإا دهعلدا في ثحبلا اذى رادنب مولعلا جرادم يملاسلإا دهعلداو وويسجنيرف ىدلذا علطم يملاسلإا .ناراواسف ظافلحا راد يملاسلإا دهعلداو جنوبملا دراولدا ةيرادإ ريوطت قيبطت طيطتخ نع دجولاو ةفرعلدا وى ثحبلا اذى نم فدلذا هذىو .جنوبملاب يملاسلإا دهعلدا في يعيبط مدقت لىإ وجوت تيلا ويموقتو ةيرشبلا .يقلاخلأا كولسلاو يقلاخلأا فقولداو ،ةيقلاخلأا ةيفرعلدا ىلع لمتشت ةعيبطلا نىذلاو تَكفتلا ةيلمع في ةلصلخاو ةداتعلدا دلوت ةثلاثلا ئدابلدا هذى نمو .لاعفلأاو ةدع نم ثحبلا اذى في تناايبلا عجم تمو .يفيكلا لخدلدا ثحبلا اذى مادختسا ،ةيصخشلا قئثاولاو ،دهعلدا قئثاو ،ةلباقلدا ليلد ،ةرشابم ةظحلام :اهنم رداصلدا نأ تٌعلدبا رهاوظلا فرعت جهنلدا وى ثحبلا جهنم امأو .ىرخلأا قئثاولاو vii ةدوجولدا تناايبلا كانى لب .بسحف ثحابلا تَكفت ةجيتن نم تسيل تناايبلا امو مهيلع عقي امو ثحبلا اذى عمتلر ويف ثديح ام اهلك .ةقيقلحا فيو عقاولا في .ركفي في ةيرشبلا دراولدا ةيرادإ ريوطت طيطتخ نأ ،ثحبلا اذى ةجيتن ىلع دامتعلإا تارايتخلإا ،مهنم ذخلأا ،تاجايتحلإل ليلتح :ىلع لمتشي يملاسلإا دهعلدا اهنم ةعونتلدا ميلاعتلا ىلع لمتشي ويف ةيرشبلا دراولدا ةيرادإ قيبطت امأ .عضولاو تاساردو تاودنلاو ،لامعلأا شروو ،تٍيتورلا بيردتلاو ،تٍيتورلا تٍيدلا ميلعتلا ةيمويلا راكذلأاو ةبوتكلدا تاولصلاو ليللا مايق ةسراممو ةقيرطلا وجوتو ةنراقم في ًةرم ةيرشبلا دراولدا ةيرادإ ريوطت في يموقتلا موقيو .وظيفتحو نآرقلا تُستحو وأ ةيساردلا ةنسلا ةيانه فيوأ لصفلا ةيانه في وأ ،روهش ةثلاث وأ نيرهش وأ رهش ،ةعيبطلا مدقت رابتعبا تاوطلخا هذى نوكت نأ يغبنيو .ناك تقو يأ ماقي يقللخا كلذو .يقيقحتلا وأ يئارجلإاو يقللخا وأ ةيقلاخلأا وى ةعيبطلا لضفأو صلخلداو ةعانقلاو بيدأتلاو صلاخلإاو لوئسلداو قدصلاو ةناملأا في دجوي ديدتحو ماظنلاو ةءافكلا في دجوت ةيئارجلإا ةعيبطلا امأ .كلذ تَغو لضانلداو .كلذ تَغو لاعفلأا ةيانه تىح دهلجاو ةينواعتلاو ،اهماتًحاو تاقولأا

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Sep 2021 03:18
Last Modified: 21 Sep 2021 03:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15803

Actions (login required)

View Item View Item