PERAN LEMBAGA ZAKAT DOMPET DHUAFA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KAUM DUAFA DALAM PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Program Pertanian Kecamatan Pekalongan Desa Siraman Lampung)

Dian, Lativa Hanim (2021) PERAN LEMBAGA ZAKAT DOMPET DHUAFA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KAUM DUAFA DALAM PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Program Pertanian Kecamatan Pekalongan Desa Siraman Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Dian Lativa Hanim.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dana Zakat produktif yaitu pada bidang program kerja pendayagunaan ekonomi dimana mereka mengeluarkan dana tersebut untuk mendayagunakan masyarakat yang memiliki potensi namun memiliki kekurangan dalam hal modal. Salah satu bentuk dari zakat produktif yang disalurkan oleh dompet dhuafa adalah program mitra tani yang di bentuk oleh lembaga zakat dompet dhuafa. Berada pada daerah pekalongan, desa siraman. dengan memiliki 2 dusun binaan, dimana dusun tersebut memiliki potensi namun kurang nya fasilitas untuk dapat berkembang. Tujuan penelitian untuk menganalisis peran lembaga zakat dompet dhuafa dalam meningkatkan perekonomian kaum dhuafa dalam prespektif ekonomi islam (studi kasus program pertanian di kecamatan pekalongan lampung), dan juga untuk mengetahui adanya faktor pendukung dan penghambat lembaga zakat dompet dhuafa dalam meningkatkan perekonomian kaum dhuafa dalam prespektif ekonomi islam (studi kasus program pertanian di kecamatan pekalongan lampung). Dengan metode penelitian berjenis penelitian kualitatif, metode pengambilan data wawancara, observasi, dokumentasi, dan di analisis dengan pendekatan induktif. Hasil Penelitian dalam pengembangan program pertanian dalam rangka meningkatkan ekonomi Mustahiknya adalah : Pertama. Penguatan karakter bertani, aspek peningkatan hasil bertani, dan pemasaran hasil tanam melalui pelatihan serta motivasi untuk dapat meningkatkan hasil panen agar bernilai jual tinggi. Kedua. Pembinaan dan pendampingan dalam menjalankan program pertanian. Ketiga, Pendistribusian modal kepada mitra tani desa siraman didasarkan pada akad pinjaman tanpa bunga. Untuk faktor pendukung pelaksanaan program pertanian desa siraman, pekalongan, lampung yaitu sudah ada konsep panduan yang jelas mengenai pelaksanaan program pertanian desa siraman, pekalongan, lampung, loyalitas para mitra tani yang sangat baik. Sedangkan faktor penghambat program pertanian desa siraman, pekalongan, lampung yaitu, tingkat pendidikan, keterbatasan lahan serta sumber daya manusia yang kurang baik dan program mitra tani sudah sesuai dengan kaidah islam dalam Al- Qur‟an Surat At-Taubah ayat 60. Kata Kunci : Dompet Dhuafa, Peningkatan Ekonomi, dan Prespektif Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Sep 2021 03:02
Last Modified: 21 Sep 2021 03:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15802

Actions (login required)

View Item View Item