IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS V MI MANSYARIQUL ANWAR 7 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG

Widya, Setiyaningrum (2021) IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS V MI MANSYARIQUL ANWAR 7 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI Widya Setiyaningrum.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS V MI MANSYARIQUL ANWAR 7 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG Oleh Widya Setiyaningrum Nilai-nilai yang terkandung pada permainan tradisional bentengan dapat digunakan untuk meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam belajar juga dapat membantu untuk menumbuhkan kepekaan peserta didik terhadap lingkungan sekitar sehingga peserta didik dapat meningkatkan interaksi sosial. Latar belakang masalah diketahui dari wawancara yang dilakukan oleh peneliti di MI Mansyariqul Anwar kepada wali kelas V bahwa proses interaksi sosial peserta didik masih rendah. Rumusan masalah peneliti ingin mengetahui bagaimana penerapan permainan tradisional bentengan di MI Mansyariqul Anwar 7 Labuhan Ratu. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses penerapan permainan tradisional untuk meningkatkan interaksi sosial peserta didik di MI Mansyariqul Anwar 7 Labuhan ratu. Manfaat penelitian terdapat manfaat teoritis dan manfaat praktis. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data ini dilakukan dengan pengamatan dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi permainan tradisional di MI Mansyariqul Anwar 7 Labuhan Ratu mampu meningkatkan interaksi sosial peserta didik. Karena dengan bermain permainan tradisional khusunya bentengan peserta didik menjadi lebih aktif, dan percaya diri dalam berinteraksi, terdapat interaksi nya yaitu interaksi verbal, interaksi fisik, dan interaksi emosional, pembelajaran juga menjadi lebih menarik sehingga dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik. Kata kunci: Permainan Tradisional Bentengan, Interaksi Sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Sep 2021 04:48
Last Modified: 20 Sep 2021 04:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15794

Actions (login required)

View Item View Item