HUBUNGAN ANTARA IKLIM KELAS DAN INTELEGENSI DENGAN SIKAP KREATIF SISWA DI SEKOLAH ALAM

HERA, JUWITA (2021) HUBUNGAN ANTARA IKLIM KELAS DAN INTELEGENSI DENGAN SIKAP KREATIF SISWA DI SEKOLAH ALAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI HERA JUWITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan antara Iklim Kelas dan Inteligensi dengan Sikap Kreatif Siswa di Sekolah Alam Oleh : Hera Juwita Tantangan utama bagi dunia pendidikan saat ini ialah menyelenggarakan sistem pendidikan yang dapat mengembangkan kreativitas yang tingg pada siswanya agar mampu bersaing dalam perubahan zaman. Kebutuhan akan sikap kreatif penting untuk dikembangkan pada usia anak-anak sekolah dengan cara menciptakan iklim kelas yang nyaman. Selain dari lingkungan yang dapat membentuk sikap seseorang dalam proses belajar, faktor internal yang berpengaruh adalah tingkat kecerdasan atau intelegensi. Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu untuk menganalisis hubungan antara iklim kelas dan inteligensi dengan sikap reatif siswa di sekolah alam, menganalisis hubungan antara iklim kelas dengan sikap kreatif siswa di sekolah alam dan juga untuk menganalisis hubungan inteligensi dengan sikap kreatif siswa di sekolah alam. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 90 siswa kelas V dan VI SD AL-Karim Lampung. Peneliti mengunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel berupa Total sampling dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala sikap kreatif (α=0,813), skala iklim kelas (α=0,841), dan alat tes ineligensi CFIT skala 2. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda dengan bantuan program JASP 0.14.1.0. Hasil penelitian menunjukkan nilai R = 0,766 dan nilai F = 61,617 dengan signifikansi p < 0.01, hal ini menandakan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara iklim kelas dan inteligensi dengan sikap kreatif dan didapatkan sumbangan efektif sebesar 58,6 %. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi (rx1-y) = 0,516 dan p < 0,01, dapat diketahui bahwa variabel iklim kelas memiliki hubungan yang positif signifikan dengan sikap kreatif dan mendapat sumbangan efektif sebesar 16,7% . Selain itu perolehan nilai (rx2-y) = 0,702 dan p < 0,01 menunjukkan bahwa sikap kreatif dan iklim kelas juga memiliki hubungan positif signifikan dengan dengan sumbangan efektif sebesar 41,9%. Kata Kunci : Sikap Kreatif, Iklim Kelas, Inteligensi, Sekolah Alam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Sep 2021 04:05
Last Modified: 20 Sep 2021 04:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15787

Actions (login required)

View Item View Item