PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 01 BUMI AGUNG

Vina, Nopia Saputri (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 01 BUMI AGUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL VINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 01 BUMI AGUNG Oleh Vina Nopia Saputri Rendahnya kemandirian belajar dan keterampilan metakognitif peserta didik disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih konvensional, dimana pembelajaran masih berpusat pada pendidik bukan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui adanya pengaruh model problrm based learning (PBL) terhadap keterampilan metakognitif pada pelajaran biologi,(2) Untuk mengetahui adanya pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemandirian belajar pada pelajaran biologi dan (3)Untuk mengetahui adanya keterkaitan antara model problem based learning (PBL) terhadap keterampilan metakognitif dan kemandirian belajar peserta didik. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 dan kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Bumi Agung, dengan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain posttest-only kontrol design. metode yang digunakan yaitu kuantitatif dan teknik pengambilan sampel dengan cara cluster random sampling. teknik pengumpulan data menggunakan tes (pottest),angket, dan dokumentasi, uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan Uji Multivariate (Manova) dengan memperoleh nilai sig. 0,00 maka sesuai keriteria Uji Multivariate (Manova) berarti H1 diterima, artinya model problem based learning (PBL) berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif dan kemandirian belajar, sedagkan untuk uji Between Subjects Effects memperoleh data ketermpilan metakognitif dengan nilai sig. 0,0000 dan data kemandirian belajar menunjukkan bahwa nilai sig. 0,0000 maka sesuai dengan H1 diterima, artinya model problem based learning dijadikan alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan metakognitif dan kemandirian belajar pererta didik pada materi biologi kelas XI di SMAN 1 Bumi Agung. Kata kunci: kemandirian belajar, keterampilan metakognitif, model pembelajaran problem based learning (PBL)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Sep 2021 03:13
Last Modified: 20 Sep 2021 03:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15784

Actions (login required)

View Item View Item