METODE PEMBELAJARAN SMART (SPESIFIC, MEASURABLE, ACHIEVABLE, REALISTIC AND TIME BOUND) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN

CYNTHIA, GAPILA (2021) METODE PEMBELAJARAN SMART (SPESIFIC, MEASURABLE, ACHIEVABLE, REALISTIC AND TIME BOUND) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL GAPILA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep matematis dalam pembelajaran matematika merupakan suatu kemampuan yang perlu dikuasai oleh setiap peserta didik guna menunjang peserta didik dalam proses belajar dan menyelesaikan berbagai permasalahan matematika. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII A di MTs Babul Hikmah masih tergolong rendah, hal ini terlihat dari hasil ujian tengah semester genap tahun ajaran 2019/2020 dimana peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM (nilai ) sebanyak 11 dari 33 peserta didik. Salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yaitu penerapan metode pembelajaran SMART (Spesific, Measurable, Achievable, Realistic and Time Bound) dan tipe kepribadian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran SMART (Spesific, Measurable, Achievable, Realistic and Time Bound) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari tipe kepribadian pesertadidik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quanty Eksperimental Design dengan rancangan penelitian faktorial . Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A dan VII B di MTs Babul Hikmah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling (teknik acak kelas). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Normalitas dan uji Homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji Anava Dua Jalan (Two Way Analysis ofVariance). Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan uji Anava Dua Jalan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran SMART (Spesific, Measurable, Achievable, Realistic and Time Bound) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pemahaman konsep matematis. Tidak terdapat pengaruh tipe kepribadian peserta didik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi bentuk aljabar. Tidak terdapat interaksi antara perlakuan metode pembelajaran SMART (Spesific, Measurable, Achievable,Realistic iiand Time Bound) dan tipe kepribadian terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi bentuk aljabar. Kata Kunci: Model Pembelajaran SMART (Spesific, Measurable, Achievable, Realistic and Time Bound), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Tipe Kepribadian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Sep 2021 04:41
Last Modified: 16 Sep 2021 04:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15759

Actions (login required)

View Item View Item