PENGARUH PENGUNAAN MEDIA GAME KAHOOT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP DI MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Cyntia, Vega Clarisa (2021) PENGARUH PENGUNAAN MEDIA GAME KAHOOT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP DI MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL  CYNTIA VEGA CLARISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAME KAHOOT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP DI MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG Oleh Cyntia Vega Clarisa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media game kahoot terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Adapun pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis peneliian ini menggunakan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung sebanyak 128 peserta didik yang terdistribusi dalam 4 kelas. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik acak cluster random sampling dan memperoleh kelas VIII Reg sebagai kelas eksperimen dan VIII U1 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menerapkan media game kahoot sedangkan kelas kontrol menggunakan media rubelmu. Pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisi data dalam penelitian ini menggunakan uji anava dua jalan sel tak sama untuk menjawab hipotesis. Uji normalitas dilakukan dengan menggunakan uji Kolmogorov Smirnov untuk mengetahui data berdistribusi normal atau tidak. Kemudian uji homogenitas dilakukan untuk mengetahui data bersifat homogen atau tidak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemahaman konsep peserta didik dengan menggunakan media game kahoot . pengujian hipotesis memperoleh nilai sig (2-tailed) kurang dari ≤ taraf signifikan 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media game kahoot terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemahaman konsep peserta didik di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Kata kunci : Media game kahoot, motivasi belajar, kemampuan pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:44
Last Modified: 15 Sep 2021 04:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15734

Actions (login required)

View Item View Item