DAMPAK COVID-19 TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN MASYARAKAT (Studi Di Kampung Sidoluhur Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah)

Muhamad, Nasrudin (2021) DAMPAK COVID-19 TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN MASYARAKAT (Studi Di Kampung Sidoluhur Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABTRAK Covid-19 merupakan penyakit akibat virus corona jenis baru yang muncul pada akhir tahun 2019 di Wuhan Cina yang saat ini menyebabkan pandemi hampir diseluruh dunia, dengan adanya pandemi tersebut menjadikan kehidupan keagamaan masyarakat tidak dapat terlaksana sebagaimana mestinya, kegiatan-kegiatan yang bersifat berkerumun tidak diperkenankan karena dapat meningkatakan angka penularan virus Corona, seperti dalam melaksanakan sholat berjamaah, puasa ramadhan, tahkziyah, tahlilan, pengajian dan peringatan hari besar Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bagaimana perubahan perilaku keagamaan masyarakat dimasa pandemi Covid-19 dan bagaimana dampak Covid-19 terhadap perilaku kegamaan masyarakat di kampung Sidoluhur. Penelitian ini dilaksanakan di kampung Sidoluhur kecamatan Bangunrejo kabupaten Lampung Tengah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologis dan teologis normatif. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan temuan-temuan yang diteliti di lapangan bahwa perubahan perilaku keagamaan masyarakat kampung Sidoluhur dimasa pandemi Covid-19 tidak terjadi secara signifikan tetapi lebih pada proses pelaksanaannya, seperti dalam aspek sholat berjamaah masyarakat dianjurkan memakai masker, dan menjaga jarak namun terdapat masyarakat yang enggan memakai masker dan tidak melaksanakan sholat berjamaah di masjid disebabkan khawatir terpapar virus Corona. dalam aspek puasa ramadhan kegiatan sholat tarawih dilaskanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dan kegaiatan tadarus bersama tidak dilaksanakan di masjid, dalam aspek pengajian, dan tahlilan sempat difakumkan pada awal adanya pandemi, dalam aspek takziyah terjadinya penurunan jumlah petakziyah, kemudian dalam aspek perayaan hari besar Islam tidak terlaksana sepenuhnya namun hanya hari raya Idul Adha dan Idul Fitri yang masih dilaksanakan. Adapun dampak Covid-19 terhadap perilaku keagamaan masyarakat kampung Sidoluhur dalam aspek dimensi keyakinan menjadikan masyarakat lebih mendekatkan diri kepada Allah, dalam dimensi praktik agama menjadikan terjadinya perubahan dalam proses pelaksanaanya, dalam dimensi pengalaman agama menjadikan pandemi Covid-19 sebagai pengalaman oleh masyarakat mengenai pentingnya kekhusu‘an dalam melaksanakan perilaku keagamaan, dimensi pengetahuan agama lebih memperdalam mengenai pengetahuan ajaran agama yang dianut masyarakat dan dalam dimensi konsekuensi menjadikan masyarakat lebih terjalin perilaku tolong menolong antar sesama. Kata Kunci : Pandemi Covid-19, Perilaku Keagamaan, Masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Sep 2021 03:45
Last Modified: 15 Sep 2021 03:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15727

Actions (login required)

View Item View Item