PEMIKIRAN ISLAM LIBERAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH BUKU REORIENTASI PEMBAHARUAN ISLAM, KARYA BUDHY MUNAWAR RACHMAN)

Ratih, Puspita Sari (2021) PEMIKIRAN ISLAM LIBERAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH BUKU REORIENTASI PEMBAHARUAN ISLAM, KARYA BUDHY MUNAWAR RACHMAN). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RATIH PUSPITA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PEMIKIRAN ISLAM LIBERAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH BUKU REORIENTASI PEMBAHARUAN ISLAM KARYA BUDHY MUNAWAR RACHMAN) Oleh Ratih Puspita Sari Penelitian ini mencoba mengkaji pemikiran Islam Liberal Budhy Munawar Rachman dari sudut pandang pendidikan Islam baik dari Filsafat pendidikan Islam maupun Sosiologi pendidikan Islam. Perkembangan pemikiran Islam tak jarang banyak memicu perdebatan khususnya antara pemikir-pemikir Islam pro barat dan Islam anti barat. Salah satu pemikiran yang banyak memicu perdebatan adalah mengenai paham Islam Liberal yang mulai muncul di indonesia pada tahun 1970 an. Maka imbas dari hal tersebut adalah banyaknya kebingungan intelektual di kalangan masyarkat terhadap penafsiran kata liberal yang terlalu umum. Pemikiran Islam yang condong kepada kebebasan atau berpandangan bebas (luas dan terbuka), makna Islam liberal sendiri secara etimologi adalah Islam yang bebas atau Islam yang memberikan kemerdekaan berfikir. Yang ingin di capai dari penelitian ini, adalah mengupas bagaimana Pemikiran Islam Liberal di dalam buku Reorientasi Pembaharuan Islam karya Budhy Munawar Rachman ditinjau dari keilmuan pendidikan Islam. Dengan mengumpulkan berbagai karya- karya serta referensi di bidang library (Kepustakaan) untuk di analisis lebih luas dan mendalam. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah pertama, Konsep Pemikiran Islam Liberal Budhy Munawar Rachman di dalam buku Reorientasi Pembaharuan Islam sejalan dengan filsafat pendidikan Islam, yaitu memiliki tujuan akhir untuk mendorong kaum muslim berfikiran luas dan bebas tanpa melanggar norma-norma agama. Karena agama sebagai hal yang paling mendasar dalam menggunakan akal dan pikiran. Kedua prinsip-prinsip etis yang ditawarkan Budhy Munawar Rachman sangat rasional dan dapat digunakan sebagai landasan bagi seorang pendidik dalam berfilsafat atau berpemikiran Islam yang liberal. Kata Kunci: Pemikiran Islam Liberal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Sep 2021 03:06
Last Modified: 15 Sep 2021 03:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15717

Actions (login required)

View Item View Item