NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PELAKSANAAN RUQYAH SYAR’IYYAH DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ QUR’AN HIDAYATULLAH BANDAR LAMPUNG

AISA, AISA (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PELAKSANAAN RUQYAH SYAR’IYYAH DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ QUR’AN HIDAYATULLAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL AISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL BAB 1&2.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Nilai-nilai pendidikan Islam pada hakikatnya adalah kumpulan dari prinsipprinsip hidup, ajaran bagaimana manusia seharusnya menjalankan kehidupannya di dunia ini. Islam memandang nilai sebagai inti dari pendidikan itu sendiri, kaitannya dengan ruqyah syar’iyyah dikarenakan ruqyah syar’iyyah ialah suatu bentuk kegiatan yang berkaitan erat dengan nilai-nilai karena ada tujuan yang hendak dicapai disamping kegiatan terapi pengobatan. Nilai-nilai ini mutlak dimiliki oleh peruqyah dalam melaksanakan kegiatan atau sedang tidak melaksanakan kegiatan, misalnya ketauhidan, kesholehan, kesabaran, keikhlasan dan lain-lain. Nilai-nilai ini memberi pengaruh yang sangat besar untuk mencapai tujuan yang diinginkan dan akan memberikan dampak negatif bila nilai ini tidak tercermin dalam kepribadian peruqyah. Dari beberapa kenyataan di atas, dirumuskan permasalahan diantaranya: Nilai-nilai pendidikan Islam dalam Ruqyah Syar’iyyah di Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Hidayatullah Bandar Lampung dan bagaimana pengalaman spritual peruqyah selama menjalankan terapi ruqyah di Pondok Pesantren. Tujuan penelitian adalah mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dalam Ruqyah Syar’iyyah di Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Hidayatullah Bandar Lampung. Sedangkan manfaat penelitian itu sendiri sebagai bahan masukan dalam membentengi umat agar tidak terjebak berbagai praktek perdukunan dan pengobatan kemusyrikan. Penelitian ini menggunakan metode field research atau penelitian lapangan. Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder. Data akan dianalisa dengan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian didapatkan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam dalam ruqyah syar’iyyah di pondok pesantren Tahfidz Qur’an Hidayatullah Bandar Lampung antara lain : Nilai Keimanan, Nilai Tauhid, Nilai Akhlak, Nilai Sabar, Nilai Kejujuran, Nilai Ibadah, Nilai Ikhtiar, Nilai Tawakkal dan Nilai Istiqomah. Dengan ruqyah dapat membantu banyak orang yang berikhtiar mencari kesembuhan dan ketuntasan masalah melalui ayat Al Quran dan doa-doa. Pengobatan dengan ruqyah sangat dibutuhkan agar umat Islam terhindar dari berbagai pengobatan kemusyrikan. Kata kunci : Nilai-nilai, pendidikan Islam, ruqyah syar’iyyah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Sep 2021 03:00
Last Modified: 15 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15716

Actions (login required)

View Item View Item