PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK

DEWI, PURWANINGSIH (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP dewi purwaningsih.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kesulitan dalam pembelajaran dikarnakan kurang praktisnya media yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran. Media yang digunakan dalam proses pembelajaran masih monoton hanya sebatas buku paket yang diperoleh dari pemerintah saja, yang mana buku paket tersebut belum mampu membantu dalam merangsang kemampuan siswa. Oleh karena itu dilakukan penelitian tentang pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis pendekatan saintifik yang layak digunakan dalam proses pembelajaran di SD/MI. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian research and development (R&D) dengan menggunakanp rosedur Borg dan Gall. Instrument yang digunakan pada penelitian untuk mengetahui kelayakan modul berupa lembar pertanyaan serta angket respon guru dan siswa. Analisis data diperoleh dengan mengumpulkan data dari setiap validator, guru matematika dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa pengembangan modul matematika berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan secara keseluruhan memenuhi kriteria kelayakan modul matematika berbasis saintifik menurutahli media dan ahli materi. Pada penilaian ahli materi pada modul matematika berbasis pendekatan saintifik, kriteria yang didapat sangat layak dengan persentase 87%, berdasarkan ahli media diperoleh persentase 89%. Respon guru mendapat kriteria yang sangat layak dengan persentase 93% untuk respon guru MIN 11 Bandar lampung dan 84% untuk respon guru SD 2 Sukarame. Sedangkan untuk respon siswanya sendiri layak dengan persentase 84% dan 88,46%. Jadi dapat disimpulkan bahwa modul matematika berbasis saintifik layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci: Modul, pembelajaran matematika, Pendekatan Saintifik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Sep 2021 02:48
Last Modified: 15 Sep 2021 02:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15713

Actions (login required)

View Item View Item