PENANAMAN SIKAP SOSIALMELALUI PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V (PENELITIAN KUALITATIF DI MIN 11 BANDAR LAMPUNG)

Hadi, Dhika Prisdiana (2017) PENANAMAN SIKAP SOSIALMELALUI PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V (PENELITIAN KUALITATIF DI MIN 11 BANDAR LAMPUNG). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FULL_HADI.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

pengaruh lingkungan sosial yang berlainan. Hakikat pembelajaran IPS yang bertujuan membantu siswa menjadi warga negara yang baik dan memiliki kecerdasan sosial dalam memaksimalkan perannya di lingkungan keluarga maupun masyarakat. Mata pelajaran IPS diharapkan mampu menjadi jembatan pendidik untuk menyelamatkan sekaligus menjaga nilai-nilai sikap sosial siswa melalui kegiatan belajar mengajar. Peserta didik kelas V MIN 11 Bandar Lampung memiliki keberagaman individu yang besar, sehingga mendorong peneliti meneliti lebih lanjut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran IPS yang dilakukan guru untuk menanamkan sikap sosial pada siswa kelas V MIN 11 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif (Kualitatif Deskriptif). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 11 Bandar Lampung berjumlah 37 siswa dan satu guru IPS Kelas V MIN 11 Bandar Lampung. Objek dalam penelitian ini adalah sikap sosial siswa dan pembelajaran IPS. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Untuk itu, instrument yang dibuat berupa pedoman observasi untuk guru dan siswa, pedoman wawancara untuk guru, angket untuk siswa, dan pedoman pelaksanaan analisis dokumentasi. Sebelum instrument digunakan untuk penelitian, sebelumnya divalidasi oleh ahli, yang dimaksud ahli dalam hal ini adalah dosen pendidikan IPS. Selanjutnya, temuan data hasil penelitian dianalisis melalui serangkaian analisis kualitatif, seperti melakukan reduksi data, display data, dan conclusion atau verification data. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penanaman sikap sosial siswa melalui pembelajaran IPS dapat ditanamkan dengan strategi pembelajaran IPS yang digunakan guru, kemampuan guru dalam memberikan contoh sikap interaksi yang baik kepada siswa baik di dalam kelas maupun di luar kelas, dan ketika memberikan kalimat-kalimat positif yang mengandung nilai sikap sosial di awal pembelajaran. Selain itu terlihat pula dari penggunaan media pembelajaran IPS dan alat evaluasi yang digunakan guru untuk menilai sikap sosial siswa. Sikap sosial siswa kelas V yang tampak adalah Kejujuran, Sopan santun, toleransi, Disiplin diri, dan Tolong menolong. Sedangkan yang kurang tampak adalah Sub. Indikator dari Kejujuran 1) Tidak berbuat curang pada saat mengerjakan tugas, dan Sub. Indikator dari Disiplin diri 2) Melaksanakan kewajiban piket kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 09 Oct 2017 04:11
Last Modified: 09 Oct 2017 04:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1571

Actions (login required)

View Item View Item