PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTADIDIK KELAS IV SDN 26 GEDONG TATAAN

SOFIANA, YANAVIA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTADIDIK KELAS IV SDN 26 GEDONG TATAAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SOFIANA YANAVIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 26 Gedong Tataan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 26 Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran pada tahun ajaran 2020/2021, dengan jumlah populasi sebanyak 74 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling (teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu), digunakan untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas IVB sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan media audio visual. Sedangkan kelas IVA sebagai kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Student Teams Aachievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian nya adalah Quasy Eksperimental, dan desain penelitian pretest-postest control group desain. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi dan wawancara. Instrumen tes yang digunakan yaitu soal pilihan ganda (multiple choice). Uji coba penelitian berupa uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistik 20. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 21,67 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 21,21. Hasil uji hipotesis menggunakan analisis Independent sampel t-test dengan taraf signifikansi 5% (0,05), yaitu 0,001<0,05 sehingga ditolak dan diterima sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 26 Gedong Tataaan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT), Audio Visual, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:43
Last Modified: 14 Sep 2021 04:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15697

Actions (login required)

View Item View Item