IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MI DARUL HUDA GALIH CAMPANG JAYA BANDAR LAMPUNG

AMELIA, OKTAVIANI (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MI DARUL HUDA GALIH CAMPANG JAYA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI AMELIA OKTAVIANI2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Model pembelajaran interaktif merupakan pendekatan pertanyaan anak. Model pembelajaran interaktif dirancang agar peserta didik bertanya dan kemudian menemukan jawaban pertanyaan mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV MI Darul Huda Galih Campang Jaya Bandar Lampung. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Darul Huda Galih Campang Jaya Bandar Lampung pada kelas IV A. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian guru kelas IV A dan peserta didik kelas IV A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Yang dilakukan sebelum pembelajaran pendidik maupun peserta didik melakukan persiapan pembelajaran telebih dahulu, 2. Dari kegiatan penjelajahan pendidik tidak selalu melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran, 3. Dalam proses pertanyaan anak peserta didik masih tidak mau untuk bertanya atau masih malu-malu untuk bertanya maka dari itu pendidik langsung menunjuk peserta didik agar untuk bertanya, 4. Dengan kegiatan penyelidikan pendidik memilih pertanyaan sesuai dengan pembelajaran tidak memilih untuk di eksplorasi lebih lanjut lagi, 5. Refleksi untuk hasil penilaian kognitif peserta didik ada yang diatas KKM tetapi masih ada juga yang di bawah KKM. Kata kunci: Hasil belajar, Model Pembelajaran Interaktif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:37
Last Modified: 14 Sep 2021 04:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15695

Actions (login required)

View Item View Item