UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR DARING MELALUI TEKNIK ICE BREAKING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

RINDA, APRILIA SARI (2021) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR DARING MELALUI TEKNIK ICE BREAKING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Rinda Aprilia Sari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kejenuhan belajar merupakan permasalahan yang dialami peserta didik saat pembelajaran jarak jauh. Jika dalam proses pembelajaran peserta didik mengalami kejenuhan dalam belajar, maka peserta didik akan mengalami kesulitan dalam perkembangannya serta mendapatkan hasil belajar yang tidak baik atau tidak sesuai dengan keinginannya. Jadi kejenuhan belajar yang dialami peserta didik harus dikurangi melalui layanan yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling di sekolah. Kejenuhan belajar saat pembelajaran daring banyak dialami peserta didik di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengurangi Kejenuhan Belajar Daring Melalui Teknik Ice Breaking Pada Peserta Didik Kelas XI Di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Sampel penelitian berjumlah 5 peserta didik kelas XI IPA dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi yakni observasi, wawancara dan dokumentasi yang melibatkan guru bimbingan dan konseling yang bertugas serta menangani masalah peserta didik kelas XI di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengurangi Kejenuhan Belajar Daring Melalui Teknik Ice Breaking Pada Peserta Didik Kelas XI telah dilaksanakan dengan baik dan terdapat perubahan pada peserta didik terlihat dari absensi dan catatan buku kasus yaitu peserta didik mulai aktif dalam pembelajaran, tidak telat mengumpulkan tugas sekolah hal ini karena pemberian motivasi belajar dalam kegiatan ice breaking. Kata Kunci: Teknik Ice Breaking, Kejenuhan Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:14
Last Modified: 14 Sep 2021 04:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15693

Actions (login required)

View Item View Item