PEMIKIRAN ZAKIAH DARADJAT TENTANG METODE PENDIDIKAN ISLAM

Juliansah, Juliansah (2021) PEMIKIRAN ZAKIAH DARADJAT TENTANG METODE PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI JULIAN .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of skripsi 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengidentifikasikan bahwa dalam pendidikan Islam metode mempunyai kedudukan yang sangatpenting dalam upaya mencapaitujuan, karena ia menjadi sarana yangbermaknakan materi pelajaran yang tersusun dalam kurikulum pendidikan, sehingga dapatdipahami atau diserap oleh peserta didik menjadi pengertian-pengertian yang fungsional terhadap tingkah lakunya. Pada dasarnya cukup banyak tokoh pelaku sejarah yang sangat berjasa dalam dunia pendidikan di Indonesiadimana mereka meninggalkan buah perjuangan dan jasajasa mereka yang sampai saat ini dinikmati oleh masyarakat Islam di Indonesia terutama dalam hal pendidikan Islam. Hal ini mendorong penulis melakukan penelitian untuk mencari Pemikiran dari Zakiah Daradjat tentang metode Pendidikan Islam. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Pemikiran Zakiah Daradjat Tentang Metode Pendidikan Islam. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami Metode Pendidikan Islam menurut Zakiah Daradjat. Metode penelitian pada skripsi ini menggunakan metode studi kepustakaan (library reseach) yaitu teknik pengumpulan data yang tidak langsung ditunjukkan pada subjek penelitian, melainkan melalui beberapa buku, dapat juga berupa buku-buku, majalah-majalah, pamflet, dan bahan dokumenter lainnya. Metode pendidikan Islam menurut Zakiah Daradjat ialah Suatu cara atau siasat dalam penyampaian bahan belajaran tertentu dari suatu bahan pelajaran agar siswa dapat mengetahui, memahami, mempergunakan dan dengan kata lain menguasai bahan pelajaran tersebut, Tujuan dari metodik pendidikan Islam yaitu sebagai pengembangan seluruh potensianak didik secara sistematis menurut ajaran Islam agar dapat mempengaruhi kepribadian peserta didik.Metode pendidikan Islam yang digunakan dalam pembelajaran, yaitu : metode ceramah, metode diskusi, metode eksprimen, metode demonstrasi, metode pemberian tugas, metode sosiodrama, metode driil, metode kerja kelompok, metode tanya jawab, dan metode proyek. Kata Kunci: Pemikiran, Metode Pendidikan Islam, Zakiah Daradjat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:03
Last Modified: 14 Sep 2021 04:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15691

Actions (login required)

View Item View Item