PENGARUH MEDIA PREZI BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

SITI, SOFIYANA FAUZAH (2021) PENGARUH MEDIA PREZI BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MEDIA PREZI BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI Oleh Siti Sofiyana Fauzah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berpikir kreatif pesrta didik yang belum optimal, yang dikarenakan kurangnya penggunaan media dan model pembelajaran, serta kurangnya pengalaman peserta didik dalam pembelajaran. Sehingga dibutuhkan adanya inovasi baru dalam proses pemebalajaran biologi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah quasy eksperimen design dengan desain posttest only control design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK 1 Muhammadiyah Pringsewu. Sample dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik acak kelas, dari teknik tersebut didapatkan kelas X FKK 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan media prezi berbasis project based learning dan kelas X FKK 2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional direct instruction (DI). Berdasarkan hasil analisis nilai ketercapaian untuk setiap indikator kemampuan berpikir keatif yaitu : pada indikator memprediksi adalah 85,14%, indikator menemukan sebab-sebab diperoleh 81,88%, menerka akibat dari suatu sebab kejadian diperoleh 81,52, dan indikator bertanya diperoleh 77,17%. Uji hipotesis yang dipakai pada penelitian ini adalah uji t independent. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis untuk uji t independent diperoleh hasil sig (2-taited) <0,05 yaitu 0,00 ini menunjukkan bahwa H₀ ditolak dan H₁ diterima, hal ini berarti bahwa media prezi berbasis project based learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran biologi di SMK 1Muhammadiyah Pringsewu. Kata kunci : media prezi, model project based learning, dan keterampilan berpikir kreatif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Sep 2021 03:55
Last Modified: 14 Sep 2021 03:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15690

Actions (login required)

View Item View Item