KONTRIBUSI PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL MUQOMAH SUMEDANG SARI OKU TIMUR

SITI, UMAYAH (2021) KONTRIBUSI PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL MUQOMAH SUMEDANG SARI OKU TIMUR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI SITI UMYANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Fenomena yang terjadi di Indonesia sekarang ini sangat memperhatinkan, pasalnya banyak moral anak bangsa yang menurun, sehinggga sering kali kita melihat diberbagai media massa yang menceritakan tentang prilaku yang menyimpang yang dilakukan oleh anak muda jaman sekarang khususnya. Oleh karena itu untuk menghadapi kondisi global tersebut tidak cukup bila hanya dengan pendidikan yang diselenggarakan oleh sekolah-sekolah saja. Maka dari itu anak dan remaja dalam kehidupannya perlu dibimbing dan dibina akhlaknya melalui pendidikan pondok pesantren. Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan dan pengajaran agama, umumnya dengan cara non klasikal, dimana seorang kyai mengajarkan ilmu agama Islam kepada santri-santri berdasarkan kitab-kitab yang ditulis dalam bahasa Arab. Maka dari itu pondok pesantren sebagai lembaga yang cocok untuk membentuk karakter anak agar dapat berperan sebagai generasi muda yang berguna bagi nusa, bangsa dan agama. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana proses membentuk karakter santri di Pondok Pesantren Darul Muqomah Sumedang Sari Oku Timur. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu agar mengetahui bagaimana kontribusi pondok pesantren dalam membentuk karakter santri di Pondok Pesantren Darul Muqomah Sumedang Sari Oku Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain deskriptif, yaitu suatu penelitian lapangan dengan tujuan mendeskripsikan (memaparkan) fenomena-fenomena yang ditemukan di lapangan berupa kata-kata tertulis dari orang-orang yang telah ditentukan sebelumnya. Jenis laporan penelitian model ini berisi kutipan-kutipan data dalam bentu narasi. Data dan informasi yang berbentuk narasi tersebut berasal dari observasi, wawancara dan dokumentasi dengan dilakukan triangulasinsumber sebagai keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Dalam kontribusi pondok pesantren ini peran ustadz sangatlah penting, dalam sebuah pendidikan di pondok pesantren tak lepas dari peran guru agama, peran ustadz dan guru agama tak lepas dari proses pendidikan. Beberapa peran utama ustadz atau guru agama dalam pendidikan membentuk karakter yaitu: ustadz sebagai pendidik, ustadz sebagai pengajar, ustadz sebagai pembimbing ustadz sebagai pelatih, ustadz sebagai penasehat, ustadz sebagai inovator, ustadz sebagai model dan teladan, ustadz sebagai pribadi, ustadz sebagai peneliti, ustadz sebagai inspirator, ustadz sebagai motivator dan ustadz sebagai evaluator. Dalam kontribusi pondok pesantren untuk membentuk karakter santri ada tersendiri strategi untuk membentuk karakter pada santri. Penggunaan beberapa strategi pendidikan karakter yang ada di Pondok Pesantren Darul Muqomah Sumedang Sari Oku Timur, bersifat terbuka antara Kyai, ustadz dan ustadzah beserta santri, di mana santri lebih nyaman saat kegiatan belajar mengajar serta kegiatan lainnya, sehingga santri mudah menangkap materi dan menerapkan dalam kehidupan sehari-harinya dalam membentuk karakter yang lebih baik. Dalam kontribusi pondok pesantren ini menggunakan beberapa strategi dalam membentuk karakter santri, yaitu: Strategi Moral Knowling, Strategi Moral Modelling, Strategi Moral Felling And Loving, Strategi Moral Acting, Strategi Tradisional (nasehat), Strategi Punishment dan Strategi Habituasi. Hasil kontribusi pondok pesantren dalam membentuk karakter santri Pondok Pesantren Darul Muqomah Sumedang Sari Oku Timur yaitu: 1) santri mempunyai karakter tanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugasnya. 2) santri mempunyai karakter kedisiplinan dalam melaksanakan segala tugas-tugasnya, sehingga senantiasa menjalankan tata tertib yang berlaku di pondok pesantren. 4) santri mempunyai karakter mandiri dengan berprilaku yang tidak tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan berbagai tugas maupun persoalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:58
Last Modified: 13 Sep 2021 04:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15676

Actions (login required)

View Item View Item