KEMATANGAN KARIR SISWA SMK DITINJAU DARI JENIS KELAMIN DAN KONSEP DIRI

Nur, Izam Zamzami (2021) KEMATANGAN KARIR SISWA SMK DITINJAU DARI JENIS KELAMIN DAN KONSEP DIRI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI Nur Izam Zamzami pdf.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Kematangan Karir Siswa SMK Ditinjau Dari Jenis Kelamin dan Konsep Diri Oleh : Nur Izam Zamzami Dalam meningkatkan kualitas perusahaan dan lapangan pekerjaan mengakibatkan adanya persaingan global dalam menerima karyawan yang sesuai dengan tujuan yakni karyawan yang memiliki kompetensi yang tinggi sehingga perlunya mempersiapkan kompetensi sejak dini agar mampu menghadapi persaingan dalam dunia pekerjaan. Maka dari itu adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya perbedaan kematangan karir siswa SMK berdasarkan jenis kelamin dan konsep diri. Adapun hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ialah terdapat perbedaan kematangan karir siswa SMK yang ditinjau dari jenis kelamin dan konsep diri. Desain penelitian ini ialah deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa/i SMK Negeri 1 Bandar Lampung kelas XII yang terdiri dari 6 kompetensi keahlian yang berjumlah 188 sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan dua skala penelitian diantaranya ialah skala kematangan karir yang terdiri dari 34 aitem (α = 0,866) dan skala konsep diri dengan jumlah aitem 32 (α = 0,882) serta melakukan wawancara. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan two-way Anova (Anova dua jalur) serta dengan menggunakan bantuan software SPSS 22.0 for windows. Adapun kesimpulan yang diperoleh berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diantaranya yakni sebagai berikut : 1. FA ialah perbedaan kematangan karir siswa SMK berdasarkan jenis kelamin dengan hasil dapat disimpulkan bahwa tidak adanya perbedaan kematangan karir siswa SMK berdasarkan jenis kelamin. 2. FB ialah perbedaan kematangan karir siswa SMK berdasarkan konsep diri dengan hasil penelitian yang diperoleh yakni hasil FB bahwa ada perbedaan mengenai kematangan karir siswa SMK berdasarkan konsep diri. 3. FAB ialah hasil interpretasi dari kematangan karir siswa SMK ditinjau dari jenis kelamin dan konsep diri. Hasil yang diperoleh yakni nilai FAB membuktikan tidak adanya perbedaan maupun interaksi antara jenis kelamin dan konsep dir terhadap kematangan karir siswa SMK. Kata kunci : Kematangan karir, jenis kelamin, konsep diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:27
Last Modified: 13 Sep 2021 04:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15674

Actions (login required)

View Item View Item