MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KOTA BANDAR LAMPUNG

SELY, ERVITA SARI (2021) MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of CVR BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI SELVY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Bandar Lampung yang merupakan sebuah lembaga pemerintah yang menerapkan pelayanan publik terhadap masyarakat. BPJS Kesehatan menerapkan beberapa jenis pelayanan, yaitu pelayanan untuk peserta baru, penambahan anggota keluarga, dan pendaftaran bayi baru lahir. Manajemen pelayanan publik yang diterapkan terlaksana dengan baik hanya saja pelayanan yang ada di kantor BPJS Kesehatan mengalir begitu saja tidak sesuai dengan job desk sebagai petugas keamanan yang ikut serta melayani. Sehingga perlu untuk diketahui seperti apa manajemen pelayanan publik yang diterapkan oleh BPJS Kesehatan Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif , data penelitian diperoleh dari sumber data primer dan sekunder manajemen pelayanan publik BPJS Kesehatan, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dekumentasi. Pelayanan publik yang baik dalam sebuah kantor BPJS Kesehatan, maka dapat menjadikan BPJS Kesehatan memiliki pelayanan yang baik dan disenangi atau dapat memberikan kepuasan terhadap masyarakat. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa kantor BPJS Kesehatan menerapkan manajemen dengan keseluruhan yaitu planning, organizimg, actuating, controlling dan pelayanan yang diterapkan telah memiliki sistem pelayanan sendiri. Manajemen pelayanan publik yang diterapkan oleh kantor BPJS Kesehatan sudah dikatakan baik, indikator pelayanan publik sesuai dengan dengan teori yaitu tangible, emphaty, responshif, reability dan assurance. Pelayanan publik yang diterapkan di kantor BPJS Kesehatan yaitu dengan 5 s (salam, sapa, senyum, sopan dan santun) sehingga dari indikator yang diterapkan tersebut, menjadikan pelayanan publik yang diterapkan oleh kantor BPJS Kesehatan sudah baik. Dari pelayanan yang diberikan yang memberikan BPJS Kesehatan Kota Bandar Lampung menjadi BPJS Kesehatan yang menerapkan pelayanan yang dapat memuaskan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Sep 2021 03:48
Last Modified: 13 Sep 2021 03:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15669

Actions (login required)

View Item View Item