ANALISIS PENGARUH TINGKAT INFLASI DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP NILAI EKSPOR NON MIGAS INDONESIA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM TAHUN 1982-2019

Berliani, Aulia Rizki (2021) ANALISIS PENGARUH TINGKAT INFLASI DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP NILAI EKSPOR NON MIGAS INDONESIA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM TAHUN 1982-2019. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL BERLIANI.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Ekspor merupakan salah satu bentuk dari adanya kegiatan perdagangan internasional di suatu negara. Pada dasarnya tinggi dan rendahnya nilai ekspor yang ada disuatu negara dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu Tingkat Inflasi dan Pertumbuhan Ekonomi yang ada di negara tersebut. Inflasi yang tinggi dan tidak stabil pada suatu negara akan menghambat alokasi sumber daya ekonomi serta akan mendistorsi harga-harga negara tersebut. Pertumbuhan Ekonomi yang tinggi menggambarkan meningkatnya kemampuan masyarakat untuk melakukan proses produksi barang sehingga hal tersebut berhubungan langsung dengan kegiatan ekspor yang terjadi pada negara itu sendiri. Masalah dalam penelitian ini adalah adanya ketidaksesuaian antara teori dengan data yang ada diantara variabel bebas dan variabel terikatnya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Tingkat Inflasi dan Pertumbuhan Ekonomi terhadap Nilai Ekspor Non Migas Indonesia serta untuk menjelaskan bagaimana ekspor dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi, tinjauan pustaka, dan internet research. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data skunder yang merupakan data tahunan dari Nilai Ekspor Non Migas Indonesia. Data dalam penelitian ini bersumber dari situs resmi Badan Pusat Statistik. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program komputer IBM SPSS Statistik 20 dan Microsoft Excel 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji hipotesis, secara simultan tingkat inflasi dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh signifikan terhadap nilai ekspor non migas Indonesia. Begitu pula secara parsial tingkat inflasi dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh signifikan terhadap nilai ekspor non migas Indonesia. Kegiatan ekspor yang dilakukan oleh Indonesia sejauh ini sudah dilakukan dengan ketentuan yang cukup baik walaupun secara langsung belum dinyatakan berlandaskan akan syariat Islam. Selain itu, kegiatan ekspor yang dilakukan telah dilengkapi dengan kontrak dagang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Barang yang menjadi barang ekspor sejauh ini adalah produk-produk dengan kualitas yang baik serta bukan merupakan barang yang meyebebkan kemadharatan bagi kesehatan dan keselamatan manusia. Kata Kunci: Ekspor Non Migas, Inflasi, Pertumbuhan Ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Sep 2021 03:29
Last Modified: 13 Sep 2021 03:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15664

Actions (login required)

View Item View Item