ANALISIS FENOMENA FLYPAPER EFFECT PADA DANA ALOKASI UMUM (DAU) DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) TERHADAP BELANJA DAERAH PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2016 – 2019 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Fani, Fan Ani (2021) ANALISIS FENOMENA FLYPAPER EFFECT PADA DANA ALOKASI UMUM (DAU) DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) TERHADAP BELANJA DAERAH PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2016 – 2019 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 1 - 5.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dibeberapa pemerintahan daerah di Indonesia masih banyak yang terlalu menggantungkan alokasi DAU untuk membiayai belanja daerah dan pembangunan tanpa mengoptimalkan potensi yang dimiliki daerah. Disaat alokasi DAU yang diperoleh besar, maka daerah akan berusaha agar pada periode berikutnya DAU yang diperoleh tetap pada nominalnya. PAD hanya mampu membiayai belanja pemerintah daerah paling besar 20%. Kenyataan inilah yang menimbulkan perilaku asimetris pada pemerintah daerah. Pemerintah daerah dalam menyikapi transfer dana dalam bentuk dana perimbangan khususnya DAU yang diwujudkan pada anggaran belanja daerah, ketika belanja daerah lebih besar terhadap transfer, maka disebut dengan flypaper effect. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan regresi data panel. Untuk menganalisis data dengan regresi menggunakan bantuan program Eviews 9.0. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan data panel dengan variabel independen yaitu Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Variabel dependen yang digunakan yaitu Belanja Daerah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Dana Alokasi Umum tidak berpengaruh terhadap Belanja Daerah, 2) Pendapatan Asli Daerah berpengaruh terhadap Belanja Daerah, 3) Dana Alokasi Umum dan Pendapatan Asli Daerah secara simultan berpengaruh terhadap Belanja Daerah, 4) tidak terjadi Flypaper Effect di Pemerintah Kabupaten/Kota Provinsi Lampung 2016-2019, 5) Provinsi Lampung dalam membelanjakan Belanja Daerahnya tidak sesuai dengan perspektif ekonomi islam. Kata Kunci : DAU, PAD, Belanja Daerah, Flypaper Effect dan Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Sep 2021 03:21
Last Modified: 10 Sep 2021 03:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15649

Actions (login required)

View Item View Item