SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU

Evi, Mayasari (2021) SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER - BAB I - BAB II - DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL EVI MAYASARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kepala Sekolah memiliki kedudukan yang telah ditentukan di dalam pengelolaan satuan pendidikan dan memiliki posisi yang strategis dalam mengembangkan sumberdaya sekolah terutama mendayagunakan guru dalam pencapaian tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kinerja guru melalui kepemimpinan kepala sekolah, mendeskripsikan bagaimana kepemimpinan kepala sekolah yang baik dalam meningkatkan kinerja guru, dan untuk mendeskripsikan tipe kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan SLR ( Sistematic Literatur Review) yaitu penelitian untuk melakukan identifikasi, evaluasi, dan interpretasi terhadap semua hasil penelitian yang relevan terkait pertanyaan penelitian tertentu, topik tertentu, atau fenomena yang menjadi perhatian, Metode dalam pencarian sumber data jurnal artikel dilakukan melalui database Garuda http://garuda.ristekbrin.go.id dengan menggunakan kata kunci “Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru” yang diperoleh 648 jurnal artikel dan diklasifikasikan berdasarkan beberapa tahapan sehingga diperoleh 8 jurnal artikel yang telah terindeks Lembaga pengindeks Sinta. Berdasarkan hasil systematic literature review dari 8 jurnal artikel tentang kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru, diperoleh hasil yang cukup beragam, yaitu dominan menggunakan gaya kepemimpinan demokratis dan metode yang banyak digunakan dengan cara menerapkan kedisiplinan, memberikan pembinaan kinerja / Pengembangan diri, pemberian reward, pengawasan, komunikasi, demokratis, karismatik dan pengendalian diri. Kata Kunci: Systematic Literatur Review, Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru ivABSTRACT The principal has a predetermined position in the management of the education unit and has a strategic position in developing school resources, especially in empowering teachers to achieve predetermined educational goals. This study aims to describe teacher performance through principal leadership, to describe how good principal leadership is in improving teacher performance, and to describe the type of principal leadership in improving teacher performance. The method in this research uses the SLR (Sistematic Literature Review) approach, which is research to identify, evaluate, and interpret all relevant research results related to certain research questions, certain topics, or phenomena of concern. The method of searching for journal article data sources is carried out. through the Garuda database http://garuda.ristekbrin.go.id using the keyword "Principal Leadership and Teacher Performance" obtained by 648 journal articles and classified based on several stages so that 8 journal articles have been indexed by the Sinta indexing institute. Based on the results of the systematic literature review of 8 journal articles on the leadership of school principals in improving teacher performance, various results were obtained, namely the dominant use of democratic leadership styles and methods that are widely used by applying discipline, providing performance coaching / self-development, giving rewards, supervisory, communication, democratic, charismatic and self-controlled. Keywords: Systematic Literature Review, Principal Leadership and Teacher Performance

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Sep 2021 03:15
Last Modified: 10 Sep 2021 03:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15648

Actions (login required)

View Item View Item