ANALISIS ANTARA E-SERVICE QUALITY, E-SATISFACTION, DAN E-LOYALTY TERHADAP MINAT PEMBELI DALAM KONTEKS E-COMMERCE APLIKASI BELANJA ONLINE SHOPEE

Firman, Mardiansyah (2021) ANALISIS ANTARA E-SERVICE QUALITY, E-SATISFACTION, DAN E-LOYALTY TERHADAP MINAT PEMBELI DALAM KONTEKS E-COMMERCE APLIKASI BELANJA ONLINE SHOPEE. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FIRMAN MARDIANSYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pertumbuhan pesat pangsa pasar E-commerce di Indonesia memang sudah tidak bisa diragukan lagi. E-commerce merupakan transaksi bisnis yang terjadi dalam jaringan elektronik seperti internet. Siapapun yang mempunyai jaringan internet dapat berpartisipasi dalam kegiatan e-commerce. E-commerce adalah pembelian, penjualan dan pemasaran barang serta jasa melalui sistem elektronik seperti televisi, radio dan jaringan komputer atau internet. Kecenderungan masyarakat Indonesia untuk berbelanja melalui Online Shop, mengurangi tingkat kewaspadaan dalam melakukan transaksi jual beli. Terbukti dengan banyaknya kasus penipuan dengan modus Online Shopping. Terutama disebabkan karena pembeli tidak dapat bertatap muka secara langsung dengan penjual, sehingga sistem kepercayaan menjadi modal utama dalam setiap transaksi jual beli online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh E- Service Quality, E- Satisfaction, dan E-Loyalty dapat mempengaruhi minat pembeli dalam konteks E- commerce aplikasi belanja Online Shopee dengan menggunakan beberapa indikator yaitu secara parsial, secara simultan dan secara perspektif konsep Islam. Metode yang digunakan pada Penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian asosiatif. Variabel independen dalam penelitian ini adalah E-Service Quality, E- Satisfaction, dan E-Loyalty, sedangkan variabel dependennya adalah minat pembeli. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sampel dari populasi yang dilakukan secara acak dan ditentukan oleh peneliti. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis yaitu uji t secara parsial, uji F secara simultan. Untuk pengolahan data dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 22.00 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan variabel β1 β2 dan β3 berturut-turut adalah = 0,832, 0,645, dan 0,782 yang dapat diartikan bahwa setiap peningkatan 1 persen dari masing-masing variabel X iimaka minat pembeli akan turun berdasarkan nilai tersebut. Oleh karena itu, nilai dari variabel X akan bertolak belakang pengaruhnya dengan nilai dari variabel Y. Hasil uji analisis penelitian ini juga diuji dengan menggunakan uji simultan (F) yang menunjukkan bahwa nilai F-hitung sebesar 13,076 lebih besar dari F tabel dan nilai R2 = 0.832. Sehingga dapat dinyatakan bahwa 83,2% minat pembeli (Y) dipengaruhi oleh variabel E- Service Quality (X1), E-Satisfaction (X2), E-Loyalty (X3) sedangkan sisanya sebesar 16,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas, penelitian ini dianalisis juga berdasarkan perspektif ekonomi Islam yaitu, perlunya dalam suatu prinsip ekonomi untuk menyisipkan kaidah ekonomi Islam yaitu aqidah Islamiyah. Dalam Bisnis Islam terdapat prinsip-prinsip yang harus dijalankan yaitu, kebenaran dan kejujuran, amanah/ tanggung jawab, keadilan, dan kebebasan. Kata Kunci: Bisnis Online, Shopee, E-Service Quality, E- Satisfaction, E-Loyalty, Minat Pembeli dan Perspektif Konsep Islam iiiABSTRACT The rapid growth of the E-commerce market in Indonesia is no longer in doubt. E-commerce is a business transaction that occurs in electronic networks such as the internet. Anyone with an internet network can participate in e-commerce activities. E-commerce is the buying, selling and marketing of goods and services through electronic systems such as television, radio and computer networks or the internet. I hope the Indonesian people to shop through the Online Shop, reduce vigilance in making buying and selling transactions. Evidenced by the many cases of fraud with Online Shopping mode. Especially because buyers cannot meet face-to-face with sellers, so the trust system becomes the main capital in every online buying and selling transaction. The purpose of this study is to find out how the influence of E-Service Quality, E- Satisfaction, and E-Loyalty can influence buyer interest in the context of E-commerce Shopee Online shopping applications by using several indicators, namely partially, simultaneously and Islamic concept perspective. The method used in this study is to use quantitative methods. This type of research is associative research. The independent variables in this study are E-Service Quality, E-Satisfaction, and E- Loyalty, while the dependent variable is buyer's interest. The sampling technique used was purposive sampling, namely sampling from the population which was carried out randomly and determined by the researcher. The data analysis method used in this study is multiple linear regression analysis, classical assumption test and hypothesis testing, namely partial t test, simultaneous F test. For data processing using the SPSS 22.00 application for windows. The results showed that variables 1 2 and 3 were = 0.832, 0.645, and 0.782 respectively, which means that for every 1 percent increase in each of the X variables, the buyer's interest will decrease based on that value. Therefore, the value of the variable X will be opposite to its effect with the value of the variable Y. The results of this test are also tested using simultaneous analysis (F) which shows that the F- count value is 13.076 greater than F table and R2 = 0.832. So it can be stated that 83.2% of buyer interest (Y) is influenced by the ivvariables of E-Service Quality (X1), E-Satisfaction (X2), E-Loyalty (X3) while the remaining 16.8% is influenced by other factors. Results Based on the research and discussion above, this research is also analyzed based on the perspective of Islamic economics, namely, the need for an economic principle to insert Islamic economic principles, namely aqidah Islamiyah. In Islamic business there are principles that must be carried out, namely, truth and honesty, trust/responsibility, justice, and freedom. Keyword: Online Business, Shopee, E-Service Quality, E- Satisfaction, E-Loyalty, Buyer Interest and Islamic Concept Perspective

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Sep 2021 05:06
Last Modified: 09 Sep 2021 05:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15646

Actions (login required)

View Item View Item