PEMBELAJARAN PAI BERBASIS PERKEMBANGAN MORAL KOGNITIF DALAM MENINGKATKAN SQ PESERTA DIDIK

Ika, Febrina Margarini (2021) PEMBELAJARAN PAI BERBASIS PERKEMBANGAN MORAL KOGNITIF DALAM MENINGKATKAN SQ PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Ika Febrina Margarini.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, banyak peserta didik berperilaku tidak sesuai dengan ajaran Islam sehingga membelenggu kecerdasan spiritual peserta didik. Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu aspek yang sangat penting berkenaan dengan nilai dan sikap seseorang. Tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada dasarnya merupakan rumusan bentuk-bentuk tingkah laku yang akan dimiliki siswa setelah melakukan proses pembelajaran. Berkenaan dengan hal itu penting bagi pendidik memilih suatu pendekatan pembelajaran dalam memperbaiki moral peserta didik guna meningkatkan kecerdasan spiritualnya. Pendekatan perkembangan moral kognitif merupakan pendekatan yang karakteristiknya memberikan penekanan pada aspek kognitif dan perkembangannya. Pendekatan ini mendorong siswa untuk berpikir aktif tentang masalah-masalah moral dan dalam membuat keputusan- keputusan moral. Sesuai dengan latar belakang tersebut, maka permasalahan yang dapat dirumuskan yaitu, bagaimana pendekatan perkembangan moral kognitif dalam pembelajaran PAI dan relevansinya terhadap peningkatkan SQ peserta didik. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana pendekatan perkembangan moral kognitif dalam pembelajaran PAI dan relevansinya terhadap peningkatan SQ. Penelitian ini termasuk penelitian dengan pendekatan Library Research yaitu pengumpulan data dengan menggunakan berbagai sumber seperti buku-buku, internet, jurnal dan lain sebagainya. Berdasarkan hasil analisis data dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat menggunakan Pendekatan Perkembangan Moral Kognitif dengan melakukan langkah-langkah dan metode yang tepat. Tujuan dari Pendidikan Agama Islam itu akan tercapai jika pada penggunaan pendekatan Perkembangan Moral Kognitif dalam Pembelajaran PAI dilakukan dengan benar dan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan. Pembelajaran PAI dengan menggunakan Pendekatan Perkembangan Moral Kognitif sangat berkaitan dalam meningkatkan SQ peserta didik. Kata Kunci: Pembelajaran PAI, Pendekatan Perkembangan Moral Kognitif, SQ iiABSTRACT Along with the development of the times and technology, many learners behave incompatible with Islamic teachings so as to shackle the spiritual intelligence of learners. Islamic education is one of the very important aspects with regard to one's values and attitudes. The purpose of islamic education learning is basically the formulation of forms of behavior that students will have after the learning process. With regard to that it is important for educators to choose a learning approach in improving the morale of learners in order to improve their spiritual intelligence. The approach to cognitive moral development is an approach whose characteristics place emphasis on the cognitive and developmental aspects. This approach encourages students to think actively about moral issues and in making moral decisions. In accordance with the background, the problem that can be formulated is how to approach the development of cognitive morals in PAI learning and its relevance to the improvement of sq learners. While the goal is to find out how to approach cognitive moral development in PAI learning and its relevance to the improvement of SQ. This research includes research with Library Research approach that is data collection using various sources such as books, internet, journals and so on. Based on the results of data analysis in the learning process of Islamic Religious Education can use the Approach of Cognitive Moral Development by taking the right steps and methods. The objectives of Islamic Religious Education will be achieved if the use of cognitive moral development approach in PAI Learning is done correctly and follow the steps described. PAI learning using the Cognitive Moral Development Approach is very related in improving the SQ of learners. Keywords: PAI Learning, Cognitive Moral Development Approach, SQ

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Sep 2021 03:20
Last Modified: 09 Sep 2021 03:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15641

Actions (login required)

View Item View Item