PERILAKU METAKOGNISI SISWA TUNANETRA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SLB A BINA INSANI BANDAR LAMPUNG

Eva, Damayanti (2021) PERILAKU METAKOGNISI SISWA TUNANETRA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SLB A BINA INSANI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI EVA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK PERILAKU METAKOGNISI SISWA TUNANETRA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SLB A BINA INSANI BANDAR LAMPUNG Oleh Eva Damayanti Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemberlakuan kurikulum 2013 pada Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) yang mengamanatkan siswa untuk memperhatikan konsep metakognisi dalam pembelajaran, termasuk bagi siswa SMALB tunanetra. Konsep metakognisi yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah perilaku metakognisi yang dibatasi pada indikator pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku metakognisi siswa tunanetra tentang pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural dalam pembelajaran matematika di kelas XI SLB A Bina Insani Bandar Lampung. Subjek penelitian adalah guru matematika dan siswa kelas XI SLB A Bina Insani Bandar Lampung tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi waktu, yaitu dengan mencocokkan data perilaku metakognisi siswa tunanetra pada pengumpulan data kedua dan ketiga. Langkah-langkah dalam analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Perilaku metakognisi siswa tunanetra tentang pengetahuan deklaratif dalam pembelajaran matematika meliputi mengingat informasi penting dalam pembelajaran, dapat menyajikan informasi dengan bahasa sendiri, dapat membandingkan dan membedakan konsep, mengetahui kesulitan dalam belajar, mengetahui strategi belajar diri sendiri, mengetahui sumber-sumber belajar, dan mengetahui tujuan soal, sedangkan perilaku metakognisi siswa tunanetra tentang pengetahuan prosedural dalam pembelajaran matematika meliputi mengetahui penerapan strategi belajar yang baik. (2) Adanya perbedaan kemampuan siswa tunanetra dalam melakukan perilaku metakognisi tentang pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural di dalam pembelajaran matematika yang disebabkan oleh faktor perbedaan kemampuan siswa. (3) Siswa tunanetra dengan kemampuan tinggi memiliki kemampuan untuk melakukan perilaku metakognisi lebih baik dibandingkan dengan siswa tunanetra berkemampuan rendah. Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Pengetahuan Deklaratif, Pengetahuan Prosedural, Perilaku Metakognisi, Siswa Tunanetra.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Sep 2021 03:21
Last Modified: 08 Sep 2021 03:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15625

Actions (login required)

View Item View Item