IMPLEMENTASI PERMENSOS NOMOR 1 TAHUN 2018 TENTANG PROGRAM KELUARGA HARAPAN PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Desa Taman Cari Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur)

ANNISA, JULIANINGSIH (2021) IMPLEMENTASI PERMENSOS NOMOR 1 TAHUN 2018 TENTANG PROGRAM KELUARGA HARAPAN PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Desa Taman Cari Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ANNISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PKH atau Program Keluarga Harapan merupakan program pemerintah berupa bantuan sosial bersyarat yang diperuntukkan bagi keluarga miskin sebagai penerimamanfaat PKH. Kriteria penerima manfaat PKH ini adalah masyarakat miskin dengan kalsifikasi seperti ibu hamil/menyusui, keluarga miskin yang memiliki anak berusia 0 sampai 5 tahun 11 bulan, memiliki anak yang sedang dalam masa belajar dari SD sampai SMA sederjat, lansia serta penyandang disabilitas berat. Terbentuknya PKH merupakan upaya dalam percepatan penanggulangan kemiskinan yang bertujuan untuk mengurangi angka dan memutus rantai kemiskinan, meningkatkan SDM serta merubah prilaku yang kurang mendukung peningkatan kesejahteraan dari kelompok termiskin. Di Lampung Timur khususnya didesa Taman Cari, Program keluarga harapan sudah terimplementasi sejak tahun 2014. Namun, bantuan PKH ini menimbulkan berbagai macam kesenjangan sosial dalam masyarakat akibat bantuan PKH yang dirasa kurang tepat sasaran dan tidak merata. Masih adanya RTSM (rumah tangga sangat miskin) yang belum tersentuh bantuan PKH ini menjadi masalah yang menarik untuk di bahas dalam penelitian ini. Dengan permasalah tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi Program Keluarga Harapan di Desa Taman Cari Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur menurut Permensos No.1 tahun 2018 dan Bagaimana Implementasi PKH di Desa Taman Cari Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur Perspektif Fiqh Siyasah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Implementasi PKH di Desa Taman Cari Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur Perspektif Fiqh Siyasah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field-research) yaitu penelitian yang dilakukan secara sistematis dengan mengumpulkan data-data primer melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis yang mendeskripsikan atau menjabarkan secara rinci terhadap objek yang di teliti melalui data yang telah terkumpul agar dapat ditarik sebuah kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa implementasi Permensos Nomor 1 Tahun 2018 tentang Program Keluarga Haparan di Desa Taman Cari masih kurang sesuai. Hal ini dikarenakan terjadi kesenjangan sosial dikalangan masyarakat karena pententuan peserta PKH kurang tepat sasaran. Kurang tepatnya sasaran PKH dikarenakan koordinasi panitia PKH dengan aparat desa yang kurang baik sehingga data yang didapat bukanlah data yang sesuai dengan kondisi ekonomi masyarakat saat ini. Perlaksanaan PKH berdasarkan perspektif fiqh siyasah sesuai dengan siyasah dusturiyah dan siyasah maliyah dikarenakan tujuannya yang sama-sama untuk kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Sep 2021 06:31
Last Modified: 07 Sep 2021 06:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15621

Actions (login required)

View Item View Item