TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK PEMBAYARAN DAN PENYALURAN FIDYAH SECARA ONLINE (Studi di Dompet Dhuafa Bandar Lampung)

Pebby, Puspitasari (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK PEMBAYARAN DAN PENYALURAN FIDYAH SECARA ONLINE (Studi di Dompet Dhuafa Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1& BAB 5.pdf] PDF
Download (15MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL PEBBY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Peneliti memilih Dompet Dhuafa Bandar Lampung Untuk dijadikan objek penelitian karena berbagai alasan yang mendasari peneliti tertarik untuk menelitinya, diantaranya adalah karena di Dompet Dhuafa Bandar Lampung sendiri memili program pelayanan pembayaran fidyah secara online yang bisa memberikan kemudahan membayar zakat dan fidyah seperti adanya Ovo, Gopay, LinkAja, M-Banking/E-Banking, Facebook, Instagram. Sehingga dengan adanya manfaat berupa pembayaran fidyah online ini sehingga fiidyahnya dapat tersalurkan. Permasalahan dalam penelitian adalah meneliti bagaimana pratktik pembayaran dan penyaluran fidyah secara online pada dompet dhuafa dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik pembayaran dan penyaluran fidyah secara online pada dompet dhuafa. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui pembayaran dan penyaluran fidyah secara online dalam tinjauan hukum Islam. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Untuk mendapatkan data yang valid, maka sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu, sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data didapat dari observasi, interview, dan dokumentasi. Populasi dan sample yang digunakan yaitu pegawai pada kantor Dompet Dhuafa. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis data, menggunakan metode kualitatif dan berfikir induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dompet Dhuafa dalam menerapkan program pembayaran fidyah secara online secara umum sudah memberikan dampak kemanfaatan bagi masyarakat Kota Bandar Lampung teutama bagi mereka yang bekerja dan mereka yang jarak tempuh jauh dari rumah. Ada dua cara sistem penyaluran fidyah. Pertama, disalurkan ke orang yang lebih berhak dalam bentuk uang. Kedua, pembayaran online melalui sistem transfer ataupun transfer yang dijadikan dalam bentuk makanan. Dalam tinjauan hukum islam pembayaran fidyah secara online dengan menggunakan sistem uang tunai belum sesuai dengan hukum islam dalam ajaran mahzab Syafi’i, Maliki, Hanbali menurutnya fidyah harus penyaluran berupa bentuk makanan bukan uang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Sep 2021 04:24
Last Modified: 07 Sep 2021 04:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15618

Actions (login required)

View Item View Item