TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG JUAL BELI PADI DENGAN AKAD TERIKAT (Studi Kasus di Desa Panggung Rejo Kecamatan Rawajitu Utara Kabupaten Mesuji)

RUDIANTO, Ratmo (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG JUAL BELI PADI DENGAN AKAD TERIKAT (Studi Kasus di Desa Panggung Rejo Kecamatan Rawajitu Utara Kabupaten Mesuji). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of RUDIANTO_1721030398.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Berawal dari kegiatan sehari-hari masyarakat desa Panggung Rejo Kecamatan Rawajitu Utara Kabupaten Mesuji, bahwa terdapat suatu persetujuan antara kedua belah pihak dimana petani dengan pemilik mesin pemanen padi setiap hasil panennya harus dijual kepemilik mesin dengan harga dibawah pasaran, dikarenakan petani sudah melakukan kesepakatan kepada pemilik mesin setelah padi selesai dipanen harus dijual kepemilik mesin yang sudah menyewakan mesin pemanennya tersebut. Sedangkan untuk pembayarannya dilakukan secara langsung atau setelah pemilik mesin menjual kembali hasil panen petani ke pengepul bulog, dalam hal ini petani merasa dirugikan atau ada unsur keterpaksaan kepada pemilik mesin karena harga jual yang terpaut murah dibandingkan petani lain yang tidak menggunakan mesin sedangkan dalam perjanjian hanya menjual kepemilik mesin tidak ada harga yang ditentukan. Dalam skripsi ini terdapat persetujuan antara kedua belah pihak antara pemilik mesin dengan petani yang terikat kesepakatan dalam jual beli yang mana seharusnya petani mendapat kebebasan untuk menjual padinya ke siapapun. Permasalahan dalam penelian ini 1. Bagaimana praktik jual beli padi dengan akad terikat di Desa Panggung Rejo 2. Bagaimana tinjauan hukum Islam tentang jual beli padi dengan akad terikat. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dilingkungan masyarakat yang menjadi tempat penelitian dan analisis secara deskristif analisis yaitu memaparkan dan melaporkan suatu objek, keadaan, kebiasaan, dan perilaku tertentu kemudian dianalisis secara kritis. Data diperoleh melalui wawancara dengan responden yaitu pemilik mesin pemanen dengan petani sebagai sumber data utama sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalui pustaka atau dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Adapun teknik pengumpulan data skripsi ini menggunakan wawancara dan dokumntasi. Analisa dalam penelitian ini dengan metode deduktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan jual beli padi yang terjadi yaitu pemilik mesin dan petani sudah melakukan kesepakatan secara lisan dan apabila setuju petani harus menjual padinya dengan harga yang sudah ditentukan oleh pemilik mesin pemanen. Sedangkan pemilik mesin pemanen tidak memberikan harga sesuai dengan standar pasaran jual beli padi, oleh karena itu petani tidak sepenuhnya mendapat keadilan sebab ada unsur keterpaksaan, maka secara hukum bahwa pelaksaan jual beli tersebut iitidak memenuhi rukun dan syarat jual beli dalam hukum islam dikarenakan ada salah satu pihak yang dirugikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Sep 2021 03:55
Last Modified: 07 Sep 2021 03:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15614

Actions (login required)

View Item View Item