SISTEM KEPERANTARAAN BISNIS PROPERTI DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi di Desa Candimas Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara)

DIMAS, WIDYA PUSPITO (2021) SISTEM KEPERANTARAAN BISNIS PROPERTI DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi di Desa Candimas Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DIMAS WIDYA PUSPITO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Bisnis properti adalah suatu kegiatan usaha atau bisnis yang dilakukan oleh perorangan atau perusahaan yang bergerak di bidang kepemilikan properti yang dapat dijadikan sebuah aset, baik berupa tanah, bangunan serta segala sarana dan prasarana yang terdapat di dalamnya sebagai satu kesatuan. Jadi bisnis properti dapat diartikan sebagai kegiatan pertukaran barang, jasa atau uang. Dalam perkembangan saat ini di bidang properti, banyak bisnis properti yang menggunakan jasa perantara atau makelar dalam menjual properti miliknya yang berada di Desa Candimas Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara, banyak sistem keperantaraan yang digunakan oleh perantara atau makelar dalam meraup keuntungan dengan cara yang batil. Rumusan Masalah dari penelitian ini ialah Bagaimana sistem keperantaraan bisnis properti pada desa Candimas kecamatan Abung Selatan kabupaten Lampung Utara?, Bagaimana sistem keperantaraan bisnis properti dalam tinjauan hukum Islam pada desa Candimas kecamatan Abung Selatan kabupaten Lampung Utara?. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, field research yang bersifat deskriptif analisis serta data primer didapat dari wawancara langsung kepada responden yaitu pemilik properti, pihak perantara atau makelar dan pihak pembeli yang berada di Desa Candimas Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara, sedangkan data sekunder diperoleh dari hasil penelaahan serta buku-buku yang mempunyai relevansi dengan permasalahan yang dikaji. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem keperantaraan bisnis properti di Desa Candimas Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara menggunakan akad atau perjanjian secara lisan atau secara tidak tertulis hanya berdasarkan asas kepercayaan dan kejujuran semata, sehingga banyak pihak perantara atau makelar mengambil keuntungan dengan cara melanggar akad atau perjanjian yang telah disepakati kedua belah pihak tanpa sepengetahuan pemilik properti maupun pembeli properti, Tinjauan hukum Islam dalam tindakan makelar tersebut dapat dikatakan tidak diperbolehkan oleh syara‟ karena ada unsur penekanan, unsur penipuan, dan unsur yang dirugikan oleh salah satu pihak, Oleh karena itu, dengan adanya bentuk ke-mudharatan berupa pengambilan keuntungan yang dilakukan pihak perantara atau makelar secara batil dalam sistem keperantaraan bisnis properti di Desa Candimas Kecamata Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara. Menurut penulis hal tersebut tidak sesuai dengan syarat sah akad dan syarat diperbolehkan jual beli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Sep 2021 03:49
Last Modified: 07 Sep 2021 03:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15613

Actions (login required)

View Item View Item