PRAKTIK PEMBATALAN AKAD SALAM TENTANG JUAL BELI PERANAKAN LOVEBIRD DALAM HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Ruko Bird FarmDesa Pringkumpul Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu)

WAHYU, WIDYANTO (2021) PRAKTIK PEMBATALAN AKAD SALAM TENTANG JUAL BELI PERANAKAN LOVEBIRD DALAM HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Ruko Bird FarmDesa Pringkumpul Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi wahyu.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Jual beli merupakan bentuk dari muamalah yang sangat berkembang dimasyarakat, Sebagaimana jual beli pesanan di peternak burung yang ada di Desa Pringkumpul Selatan Kabupaten Pringsewu, dalam praktiknya untuk melakukan transaksi jual beli dengan sistem salām kurang begitu memperhatikan rukun dan syarat jual beli pesanan baik dalam objek atau barang yang di pesan belum jelas speksifikasinya, harga harus dinyatakan dengan jelas namun dalam praktiknya tidak dinyatakan dengan jelas atau hanya dinyatakan dengan perkiran dan pembatalan akad yang menyebabkan kerugian salah satu pihak. Berangkat dari permasalahan tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul Praktik Pembatalan Akad Salam Tentang Jual Beli Peranakan Lovebird Dalam Hukum Islam di Desa Pringkumpul Selatan Kabupaten Pringsewu sebagai berikut: 1. Bagaimana praktik pembatalan akad salām tentang jual beli peranakan lovebird ? 2. Bagaimana praktik pembatalan akad salām tentang jual beli peranakan lovebird dalam hukum Islam? Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), dimana objek penelitian difokuskan pada praktik jual beli peranakan burung Lovebird dengan sistem pesanan di Desa Pringkumpul Selatan Kabupaten Pringsewu. Sifat penelitian ini ialah deskriptif analitik, dimana penulis mencoba untuk mendeskripsikan serta menganalisis proses praktik tersebut dengan menggunakan pendekatan normatif, yakni dengan mengacu pada ketentuan fikih muamalah. Pengumpulan data dengan terjun langsung ke lapangan yang dihimpun melalui observasi, tanya jawab bebas (wawancara), dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, penulis menggunakan analisis-kualitatif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Akad dalam jual beli pesanan di peternak Desa Pringkumpul Selatan Kabupaten Pringsewu belum sesuai dengan hokum Islam karena Rukun dan Syarat tidak terpenuhi karena objek barang yang di pesan masih belum jelas masih bersifat berubah-ubah karena faktor tertentu. 2) Kesepakatan harga dalam jual beli pesanan (salām) yang pertama telah sesuai dengan hukum Islam karena penetapan harga telah dijelaskan diawal, yang kedua belum sesuai dengan Hukum Islam harga yang diberikan hanya perkiraan yang bisa saja berubah sewaktu barang ditukarkan jenis yang sama di sini hanya spekulasi adanya. 3) Pembatalan akad dalam jual beli pesanan tidak sesuai dengan hukum Islam karena ada pihak yang dirugikan dalam pembatalan tersebut dan apabila ada timbul permasalahan dalam pembatalan akad tersebut akan di selesaikan dengan jalan musyawarah untuk mufakad.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Sep 2021 03:45
Last Modified: 07 Sep 2021 03:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15612

Actions (login required)

View Item View Item