ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP PUTUSAN HAKIM DALAM MEMUTUS PERKARA SENGKETA HAK ATAS TANAH (Studi Pada Putusan No. 10/PDT.G/2020/PN.Mgl Di Pengadilan Negeri Menggala)

FEBRIYANI, ANISA PUTRI (2021) ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP PUTUSAN HAKIM DALAM MEMUTUS PERKARA SENGKETA HAK ATAS TANAH (Studi Pada Putusan No. 10/PDT.G/2020/PN.Mgl Di Pengadilan Negeri Menggala). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi FEBRIYANI ANISA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Putusan No. 10/Pdt.G/2020/Pn.Mgl merupakan putusan yang dikeluarkan oleh Pengadilan Negeri Menggala tentang sengketa kepemilikan hak atas tanah. Penggugat menggugat tanah seluas 6 Ha/ enam puluh ribu meter bujur sangkar yang telah dikuasai oleh penggugat selama lebih dari 40 tahun, dengan dalil gugatan penyerobotan tanah dan penguasaan bidang tanah. Dalam gugatannya penggugat menuntut tergugat untuk mengosongkan dan menyerahkan objek sengketa tanah tersebut. Penggugat juga meminta sita jaminan atas tanah sengketa tersebut. Namun, Majelis Hakim menolak gugatan penggugat seluruhnya dan menghukun penggugat untuk membayar biaya perkara. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimanakah Pertimbangan Hakim Dalam Memutus Perkara Kepemilikan Hak Atas Tanah Dalam Perkara No. 10/Pdt.G/2020/Pn.Mgl? serta Bagaimanakah Pandangan Fiqh Siyasah Terhadap Putusan Hakim Terkait Kepemilikan Hak Atas Tanah Dalam Perkara Putusan No. 10/Pdt.G/2020/Pn.Mgl? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pandangan Fiqh Siyasah Terhadap Putusan No. 10/Pdt.G/2020/Pn.Mgl. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pustaka (library reaserch). Sifat penelitian ini termasuk penelitian yang bersifat deskriptif analisis, yakni menggambarkan atau menjelaskan secara tepat mengenai pertimbangan-pertimbangan hakim dalam memutus perkara No.10/Pdt.G/2020/Pn.Mgl mengenai sengketa kepemilikan hak atas tanah serta menggambarkan bagaimana pandaagan fiqh siyasah mengenai putusan No. 10/Pdt.G/2020/Pn.Mgl terkait sengketa kepemilikan hak atas tanah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa putusan No.10/Pdt.G/2020/Pn.Mgl dirasa hakim telah sesuai dengan pertimbangannya untuk mengambil keputusan, Untuk menolak seluruh gugatan yang diajukan oleh penggugat. Karena semua dalil-dalil gugatan tentang kepemilikan hak atas tanah sengketa tersebut, tidak dapat dibuktikan kebenarannya oleh penggugat dalam persidangan. Menurut Fiqh Siyasah putusan No.10/Pdt.G/2020/Pn.Mgl telah sesuai, dimana dalam ruang lingkup Fiqh Siyasah peraturan mengenai kekuasaan kehakiman telah dibahas dalam Siyasah Qodhaiyyah yang bertujuan menyelesaikan, menunaikan dan memutus atau membuat suatu ketetapan. Sehingga masyarakat mendapat keadilan khususnya tegugat dalam perkara tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Sep 2021 03:39
Last Modified: 07 Sep 2021 03:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15611

Actions (login required)

View Item View Item