TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG JUAL BELI KAMBING SAKIT DENGAN CARA WARGA IURAN (Studi di Desa Gisting Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus)

MUTIARA, PUSPITA (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG JUAL BELI KAMBING SAKIT DENGAN CARA WARGA IURAN (Studi di Desa Gisting Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI MUTIARA PUSPITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI MUTIARA PUSPITA.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Jual beli merupakan salah satu praktik muamalah yang sering dilakukan oleh masyarakat untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Jual beli terjadi antara dua pihak, yaitu pihak penjual dan pihak pembeli, kedua belah pihak tersebut saling membutuhkan satu sama lain. Tak terkecuali di Desa Gisting Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus yang melakukan praktik jual beli. Praktik jual beli tersebut dilakukan oleh penjual kambing dengan masyarakat. Pada dasarnya praktik tersebut sama dengan praktik jual beli lainnya, namun terdapat perbedaan dari sisi objek jual beli, yaitu kambing yang dalam kondisi sakit yang dibeli dengan cara warga iuran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik jual beli kambing sakit dengan cara warga iuran di Desa Gisting Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus dan bagaimana tinjauan hukum Islam tentang jual beli kambing sakit dengan cara warga iuran di Desa Gisting Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik jual beli kambing sakit dengan cara warga iuran dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam tentang jual beli kambing sakit dengan cara warga iuran di Desa Gisting Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus. Sumber Data yang digunakan merupakan sumber data primer dan sekunder. Data primer berasal dari wawancara, observasi dan doumentasi dari penjual dan pembeli kambing, sedangkan data sekunder Data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari buku-buku yang mempunyai relevansi dengan permasalahan yang dikaji dalam penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research), yang bersifat deskriptif analisis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan berfikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa praktik jual beli kambing yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Gisting Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus merupakan jual beli yang objeknya adalah kambing yang sakit. Jual beli tersebut dilakukan oleh masyarakat dengan sistem iuran. kemudian warga yang tertarik akan membeli kambing tersebut dengan cara iuran. Masing-masing akan memberikan jumlah uang yang sama sesuai dengan kesepakatan para pihak warga yang ikut serta dalam jual beli kambing yang sakit. Tinjauan hukum Islam tentang jual beli kambing yang sakit dengan cara warga iuran di Desa Giting Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus ini jika ditinjau dalam hukum Islam adalah dilarang. Hal tersebut disebabkan karena salah satu syarat jual beli yang tidak terpenuhi, yakni pada objek jual beli. Jika ditinjau dari objeknya, objek yang diperjualbelikan adalah fasid, karena kambing yang dijadikan objek jual beli merupakan kambing yang sakit atau kata lain cacat (rusak).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Sep 2021 02:42
Last Modified: 06 Sep 2021 02:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15582

Actions (login required)

View Item View Item